KPU Bali Benarkan KPU Karangasem Hanya Tetapkan Satu Paslon | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 26 Oktober 2020
Diposting : 23 September 2020 19:25
San Edison - Bali Tribune
Bali Tribune /I Gede John Darmawan

balitribune.co.id | DenpasarKomisi Pemilihan Umum (KPU) di enam kabupaten dan kota di Bali telah menetapkan pasangan calon (Paslon) kepala daerah dan wakil kepala peserta Pilkada Serentak 2020. Menariknya, khusus untuk Kabupaten Badung dan Kabupaten Karangasem, KPU masing-masing hanya menetapkan satu paslon. 

KPU Kabupaten Badung misalnya, hanya menetapkan pasangan I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa, sebagai calon bupati dan wakil bupati Badung. Adapun KPU Kabupaten Karangasem, hanya menetapkan Gede Dana dan I Wayan Artha Dipa sebagai calon bupati dan wakil bupati Karangasem. 

"Di Badung, memang hanya ada satu pasangan calon mendaftar, bahkan sampai perpanjangan pendaftaran tetap hanya satu pasangan calon yang mendaftar," kata Komisioner KPU Bali I Gede John Darmawan, di Denpasar, Rabu (23/9). 

"Untuk KPU Karangasem, juga hanya menetapkan satu pasangan calon. Satu pasangan calon lainnya mengalami penundaan karena Covid-19," imbuh mantan Ketua KPU Kota Denpasar itu.

Diketahui, I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Made Sukerana merupakan salah satu pasangan calon yang telah mendaftar di KPU Karangasem. Dalam perjalanan, Sukerana dinyatakan positif Covid-19.

"Jika (Sukerana) dinyatakan sehat pada masa pemeriksaan kesehatan, maka akan dilanjutkan ke verifikasi administrasi dan perbaikan. Apabila memenuhi syarat, maka pasangan Mas Sumatri - Sukerana akan ditetapkan tanggal 3 Oktober 2020," ujar John Darmawan. 

Khusus untuk empat kabupaten dan kota lainnya, lanjut John Darmawan, semuanya telah ditetapkan. Ada masing-masing dua pasangan calon yang telah mendaftar di KPU Bangli, KPU Jembrana, KPU Tabanan dan KPU Kota Denpasar. 

Dua pasangan calon yang ditetapkan KPU Kota Denpasar sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Denpasar, masing-masing adalah pasangan IGN Jaya Negara dan I Kadek Agus Arya Wibawa serta pasangan Gede Ngurah Ambara Putra dan Made Bagus Kertha Negara. 

Selanjutnya dua pasangan calon yang ditetapkan KPU Jembrana sebagai calon bupati dan wakil bupati Jembrana, antara lain pasangan I Made Kembang Hartawan dan I Ketut Sugiasa serta pasangan I Nengah Tamba dan I Gede Ngurah Patriana Krisna. 

Adapun dua pasangan calon yang ditetapkan KPU Bangli sebagai calon bupati dan wakil bupati Bangli, masing-masing adalah pasangan Sang Nyoman Sedana Arta dan I Wayan Diar serta pasangan I Made Subrata dan Ngakan Made Kutha Parwata. 

Sedangkan dua pasangan calon yang ditetapkan KPU Tabanan sebagai calon bupati dan wakil bupati Tabanan, antara lain pasangan I Komang Gede Sanjaya dan I Made Edi Wirawan serta pasangan Anak Agung Ngurah Panji Astika dan I Dewa Nyoman Budiasa.