Lomba LSS, SMPN3 Bangli Dinilai Tim Nasional | Bali Tribune
Diposting : 24 May 2016 16:57
Agung Samudra - Bali Tribune
UKS
SAMBUT - Wabup Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat menyambut tim penilai lomba Sekolah Sehat tingkat nasional.

Bangli, Bali Tribune

Sebagai duta Provinsi Bali dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional kategori SMP tahun 2016, SMPN 3 Bangli, Senin (23/5), dinilai oleh tim pusat. Kedatangan tim penilai yang diketuai Agung Tri Wahyunto di Kabupaten Bangli, disambut oleh Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Asisten II  Setda Provinsi Bali Ketut Wija, Muspika Kecamatan Bangli, Kadiskes Bangli dr.  Nengah Nadi, Kepala SMPN 3 Bangli Drs. Nengah Suardana dan keluarga besar SMPN 3 Bangli.

Ketua tim penilai Agung Tri mengatakan, LSS merupakan salah satu program yang terintegrasi dan berkesinambungan dengan melibatkan lintas sektor, sehingga perlu digalakkan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik. Menurutnya, untuk dapat belajar dengan efektif, peserta didik memerlukan kesehatan dan lingkungan yang baik, sehingga perlu dukungan semua pihak untuk mewujudkan keterpaduan instansi terkait yang yang ada korelasinya dengan program UKS.

Disampaikan juga, sudah tiga tahun terakhir penentuan pemenang LSS menerapkan dua kategori, yakni Best performance (kinerja terbaik untuk sekolah di perkotaan) dan Best achièvement (pencapaian terbaik untuk sekolah di desa). Penerapan dua kategori ini dalam LSS  adalah untuk mengakomodir sekolah sekolah yang berada di perkotaan dan di perdesaan. Sekolah di perkotaan yang sudah sangat baik sarana dan prasarananya akan dinilai berdasarkan kinerja terbaik.  Sedangkan untuk sekolah yang berada dipedesaan yang jauh dari perkotaan akan dinilai berdasarkan kategori pencapaian terbaik.  Hal ini dikarenakan sekolah yang berada dipedesaan tidak memiliki sarana prasarana yang baik namun memiliki usaha dan keinginan yang tinggi untuk menerapkan sekolah sehat. 

Wabup Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyambut baik penilaian LSS,  karena kegiatan ini diharapkan akan memacu sekolah lainnya di Kabupaten Bangli untuk meningkatkan kualitas terkait pelaksanaan program UKS. Terlebih Sambung Wabup Sedana Arta,  duta Bangli tampil mewakili Bali dalam Lomba LSS ke tingkat nasional. 

Disampaikan juga,  Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) telah memainkan peran penting dalam membentuk kesadaran untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik. Karena untuk dapat belajar dengan baik dan efektif, peserta didik memerlukan lingkungan dan kesehatan yang baik. Oleh karenannya, upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang ditujukan kepada peserta didik, merupakan salah satu mata rantai yang penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan penduduk.

“Kita berharap melalui kegiatan ini, tim penilai tidak saja melakukan penilaian, tetapi juga lebih mengedepankan pembinaan dan evaluasi. Sehingga  program UKS bisa memainkan perannya, untuk menyehatkan dan mencerdaskan peserta didik di sekolah. Mudah mudahan duta Bali bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional," harap Wabup Sedana Arta.

Hukum & Kriminal

Terpopuler