Melihat Data Resiko Covid-19 di Aplikasi inaRISK, BPBD Karangasem Bagikan Ribuan Masker Gratis | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 20 Oktober 2021
Diposting : 23 August 2021 00:36
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune/ BAGIKAN MASKER - BPBD Karangasem bagikan masker kepada warga dan pedagang di Pasar Rubaya Kecamatan Kubu.
balitribune.co.id | Amlapura  - Setelah membagikan ribuan masker kain di Pasar Karangsokong, Subagan, beberapa waktu lalu, BPBD Karangasem bersinergi dengan relawan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), Minggu (22/8/2021), kembali membagikan ribuan masker kepada masyarakat yang membutuhkan di Pasar Rubaya, Kecamatan Kubu, Karangasem.
 
Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa kepada awak media menyampaikan, untuk kegiatan kali ini ada sebanyak 1000 masker yang dibagikan secara gratis kepada warga pengunjung pasar maupun pedagang di Pasar Rubaya. “Sebelumnya kita lakukan pembagian masker di Pasar Karangsokong, untuk giat kali ini kita laksanakan pembagian masker gratis untuk warga dan pengunjung serta pedagang di Pasar Rubaya, Kecamatan Kubu,” ujar Arimbawa.
 
Selanjutnya kegiatan pembagian masker akan secara rutin dilaksanakan dengan memperhatikan data resiko penularan Covid-19 melalui aplikasi inaRISK, yakni sebuah aplikasi yang berisikan informasi tentang tingkat bahaya suatu wilayah dan dilengkapi dengan rekomendasi aksi untuk melakukan antisipasinya secara partisipatif. Aplikasi ini disusun bersama antara pemerintah dan pihak lain yang memiliki pengalaman dalam edukasi kebencanaan di Indonesia.
 
Pembagian masker ini gratis ini juga sebagai upaya untuk mempercepat upaya pemerintah dalam memutus rantai peyebaran atau penularan wabah Covid-19. Dan untuk di Kecamatan Kubu, pembagian masker dipimpin langsung oleh Kalak BPBD dan Camat Kubu serta Kepala Pasar. "Secara umum kegiatan pembagian 1000 masker di Pasar Rubaya berjalan dengan lancar, untuk giat pembagian masker selanjutnya akan dilaksanakan menyesuaikan dengan peta resiko inaRISK. Namun untuk Kabupaten Karangasem sendiri targetnya sebanyak 50.000 masker," sebutnya.