Meski Terminal Mengwi Sepi, Tak Ada PHK | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 07 Agustus 2020
Diposting : 8 December 2016 08:40
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune

Mangupura, Bali Tribune

Tenaga kebersihan dan keamanan Terminal Mengwi bisa sedikit lega. Pasalnya, kalangan DPRD Badung menjamin tidak akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) meskipun status terminal tipe A itu masih “megantung”. Dewan pun meminta para pekerja itu bekerja seperti biasa.

“Kami harap tenaga kebersihan dan keamanan di Terminal Mengwi tidak resah dengan adanya pengambilalihan terminal ini. Sepanjang mereka bekerja dengan baik, pasti tetap dipakai,” kata anggota DPRD Badung, I Wayan Sandra, Rabu (07/12/2016).

Ia juga mengatakan proses pengalihan kewenangan dari Kabupaten Badung ke pemerintah pusat ini masih berproses. Menurut aturan, semua terminal tipe A termasuk Terminal Mengwi akan menjadi kewenangan pusat, baik masalah sarana prasarananya hingga tenaga kerja.

Meski saat ini disebut statusnya masih “megantung”, politisi PDIP ini yakin pusat tetap akan mengambilalih Terminal Mengwi. “Sudah pasti. Cuma kan menunggu waktu. Kalau diambil pusat otomatis gaji mereka (tenaga kebersihan dan keamanan, red) dari pusat,” ujarnya.

Kalaupun tidak jadi, berarti Badung yang tetap akan mengelola. “Kalau nggak jadi diambil (oleh pusat), ya kita yang tetap mengelola. Biaya juga bisa dari APBD Badung. Pokoknya masalah tenaga kerja ini jangan khawatir,” pinta Sandra.

Politisi asal Desa Tibubeneng, Kuta Utara, ini bahkan berani sesumbar seluruh tenaga yang sudah mengabdi di terminal ini tidak akan kena PHK. “Intinya kalau tidak digaji pusat ya digaji pemda,” kata dia sembari mengimbau agar bekerja seperti biasa.*