Niat Tebang Pohon Durian, I Ketut Darma Tewas Terkena Pentalan Pohon Jati Yang Ikut Tumbang | Bali Tribune
Diposting : 19 January 2021 20:18
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / EVAKUASI - Jenasah I Ketut Darma saat di evakuasi oleh pihak keluarga (19/1)

baitribune.co.id | Amlapura - Seorang tukang tebang pohon asal Banjar Dinas Jumenang, Desa Bukit, Kecamatan Karangasem, tewas di tempat setelah terkena pentalan kayu jati yang ikut tumbang bersama pohon durian yang ditebangnya. Berdasarkan informasi yang dihimpun Bai Tribune, Selasa (19/1/2021), sebelumnya korban I Ketut Darma (47) bersama tiga orang rekannya berniat untuk menebang pohon durian miliknya yang berlokasi di tengah kebun tidak jauh dari rumahnya.

Setelah mempersiapkan semua perlengkapan seperti mesin Chain Saw dan tali untuk tracker dan tai penarik pohon yang ditebang, korban bersama tiga rekannya sekitar pukul 10.00 Wita, berangkat ke lokasi. Setelah menentukan kemana arah pohon yang ditebang itu akan ditumbangkan, korban kemudian naik ke pohon durian tersebut guna memasang tali penarik dan tracker.

Begitu semuanya siap, korban yang selama ini bekerja sebagai tukang Chain Saw tersebut mulai memotong bagian batang bawah pohon durian tersebut hingga sebagian lebih. Lanjut ketika pohon akan tumbang, korban kemudian membantu ketiga rekannya untuk menarik tali untuk mengarahkan tumbangnya pohon tersebut ke arah yang ditentukan.

lihat foto: Warga  dan tim medis saat berada diIokasi tewasnya I Ketut Darma (19/1)

Namun sayangnya, saat pohon durian tersebut tumbang, bagian batangnya justru menimpa pohon jati yang ada didekatnya dan “Brak” pohon durian berikut pohon jati yang ditimpanya itu tumbang menghentak tanah. Tapi, sebelum tumbang ke tanah, pohon jati tersebut justru terpental dan mengenai bagian kepala korban. Korban langsung terjatuh dengan luka terbuka dibagian kepala. Rekan korban yang melihat kejadian itu, berusaha menolong, namun kondisi korban meninggal dunia di tempat.

"Begitu pohon durian yang ditebang itu rebah, saya mendengar suara briaaaakk bughhhh!!! Saat itu saya melihat kesamping kiri saya, dan saya lihat korban pak Wayan Darma sudah tergeletak akibat kena pohon jati yang mental tersebut,” ungkap I Nyoman Sumerta, teman korban yang ikut membantu menebang pohon, sembari mengatakan saat menarik pohon itu, korban ikut menarik dan berada tepat di sebelah kirinya.

Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polsek Karangasem dan kepada keluarga korban. Beberapa saat setelah menerima laporan, sejumlah anggota polisi dari Polsek Karangasem bersama tim medis, tiba di lokasi kejadian guna memeriksa kondisi jenazah korban sekaligus melakukan visum. Usai proses visum oleh tim medis, jenazah korban langsung dibawa oleh pihak keluarga untuk dimakamkan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler