Pascapandemi, Produk Parfum Lokal Mengalami Permintaan Penjualan di Toko Daring | Bali Tribune
Diposting : 16 November 2023 17:53
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / ilustrasi penjualan di toko daring

balitribune.co.id | DenpasarParfum menjadi salah satu produk perawatan diri yang kerap digunakan terutama saat hendak keluar rumah. Dengan tubuh yang wangi, kepercayaan diri dapat meningkat. Suasana hati juga bisa menjadi lebih baik. Terlebih lagi, saat ini, sudah banyak brand lokal yang menyediakan parfum berkualitas bagus dengan wangi tahan lama dan harga terjangkau.

Beauty and Personal Care Product Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli dalam siaran persnya, Kamis (16/11) mengatakan, kepopuleran parfum di kalangan masyarakat tercermin dari data internal yang menunjukkan terdapat kenaikan penjualan parfum pada semester II 2023 pascapandemi Covid-19 dibandingkan semester I 2019 prapandemi, dengan rata-rata peningkatan hampir 2,5 kali lipat.

Parfum lokal yang mengalami kenaikan penjualan dengan harga berkisar dibawah Rp100 ribu. Eau de Parfum Kembang Setaman Jasmine, Rumah Atsiri salah satu yang mengalami kenaikan penjualan di toko daring. Rumah Atsiri Indonesia merupakan brand lokal yang menghadirkan berbagai macam produk wewangian dari minyak atsiri termasuk parfum dengan harga mulai dari Rp 95.000. Salah satu produk eau de parfum paling laris adalah Kembang Setaman Jasmine.

"Terinspirasi dari bunga melati yang dikenal sebagai Puspa Bangsa, kami mengembangkan varian ini dengan menggabungkan aroma melati dan sedap malam yang merupakan aroma klasik khas Indonesia. Cocok untuk aktivitas siang hari atau kegiatan spesial," jelas pemilik Rumah Atsiri, Natasha Clairine Mintarga.

Selain itu, yang mengalami kenaikan penjualan di toko daring yakni Senswell adalah brand lokal dengan produk wewangian dengan harga terjangkau. Senswell Basic Velve merupakan salah satu varian yang memiliki aroma fresh dan sweet, berasal dari mandarin, jasmine dan vanilla. Cocok digunakan pada siang hari.

Pelaku usaha parfum lainnya yang mengalami kenaikan penjualan dialami oleh Pemilik Onix Fragrance, Gemaswara Andika Ichsana. Ia mengaku mendirikan brand ini karena yakin parfum merupakan hal yang penting bagi seseorang dalam merepresentasikan dirinya sendiri. "Karenanya kami berusaha untuk menghasilkan parfum yang beragam untuk mengakomodasi berbagai preferensi," ujarnya.