Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Pelatihan Nyurat Lontar

LONTAR
NYURAT LONTAR - Puluhan anggota Karang Taruna Kecamatan Denpasar Selatan mengikuti pelatihan penulisan aksara Bali di daun lontar (nyurat lontar) di Lapangan Letda Made Pica, Desa Sanur Kaja, Jumat (7/7).

BALI TRIBUNE - Puluhan anggota Sekaa Truna se-Desa Sanur Kaja serta Karang Taruna se-Kecamatan Denpasar Selatan mengikuti pelatihan penulisan aksara Bali di Daun Lontar (Nyurat Lontar), di Lapangan Letda Made Pica, Desa Sanur Kaja, Jumat (7/7). Pelatihan ini untuk memperkenalkan cara menulis aksara Bali di daun lontar dengan baik dan benar.

Salah satu pembina dalam pelatihan tersebut, Ayu Eka Suari, mengatakan dalam kegiatan pelatihan ini pihaknya mengajak para generasi muda untuk kembali mengenal dan memahami cara menyurat aksara di daun lontar.

Tak hanya itu, acara yang juga melibatkan Penyuluh Bahasa Bali yang bertugas di Kecamatan Denpasar Selatan ini, juga bertujuan mengedukasi generasi muda dalam melestarikan budaya Bali yang berupa aksara serta bahasa Bali.

“Pelatihan ini diikuti 20 orang anggota Karang Taruna. Dalam pelatihan, peserta diajak mengenal alat-alat yang digunakan untuk menyurat lontar. Selain itu, peserta juga diajak menyaksikan proses pembuatan daun lontar dari video yang ditampilkan oleh panitia dari layar LCD. Kami juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya juga berdiskusi tentang cara menyurat lontar yang baik dan benar. Setelah menjabaran materi, peserta dibimbing untuk menyurat di atas daun lontar. Hasilnya pun beragam. Sesuai kreatifitas peserta,” ujar Ayu Eka Suari yang merupakan Penyuluh Bahasa Bali yang bertugas di Desa Sanur Kaja ini.

Sementara, salah satu peserta, Ida Ayu Sawitri Puja Astuti, mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat mengingat pembimbing memberikan tata cara penulisan aksara di daun lontar dengan baik. “Acara ini sangat bermanfaat, tak hanya tahu cara menulis (menyurat) lontar, tapi dari kegiatan ini kita bisa tahu, sikap saat menulis (menyurat) lontar, menentukan hasil tulisan kita. Kita juga dapat mengetahui proses pembuatan lontar secara tak langsung. Harapan saya, semoga kegiatan semacam ini tetap terus berkelanjutan” tandasnya.

wartawan
I Wayan Sudarsana
Category

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Desa Wisata di Bali Berhasil Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengumumkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan. Pada tahun 2025 ini, Kemenpar RI berkolaborasi dengan salah satu bank swasta mensertifikasi 10 desa wisata di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Hadirkan Servis Gratis Honda di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung Jelang Nataru

balitribune.co.id | Denpasar – Menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Astra Motor Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima kepada konsumen setia Honda melalui program Servis Gratis Honda. Layanan ini berlangsung mulai 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung, Denpasar.

Baca Selengkapnya icon click

PascaBanjir di Bali, Zurich Menerima Pengajuan Klaim Rp 30 Miliar Lebih

balitribune.co.id | Denpasar - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) telah menerima laporan klaim atas lebih dari 140 polis dengan estimasi total kerugian mencapai lebih dari Rp 30 miliar terkait bencana di Bali tersebut. Sebagian besar klaim berasal dari lini asuransi properti, disusul oleh lini kendaraan bermotor.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.