Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Pulihkan Bisnis Properti, Perbankan Beri Kemudahan

maswar
Maswar Purnama

Kuta, Bali Tribune

Pertumbuhan penjualan properti di Bali tahun ini belum mengalami titik terang seperti tahun-tahun sebelumnya. Perbankan mulai memberlakukan penurunan suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis di sektor properti.

Disampaikan Senior Vice President PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Region XI/Bali dan Nusa Tenggara, Maswar Purnama, tahun ini Bank Mandiri menurunkan suku bunga KPR menjadi single digit. Penurunan suku bunga tersebut untuk mendukung program pemerintah.

“Untuk kredit perumahan, tiga tahun pertama bunga fix 8,5 persen. Setelah itu, sesuai jangka waktunya bunga floating 12 persen. Penyaluran KPR kami saat ini on the track, sesuai target,” ucapnya, di sela-sela Pameran Mandiri Bali Auto & Property Expo di Mall Bali Galeria, Kuta, Rabu (8/6).

Diakuinya, permintaan properti tahun ini mengalami sedikit penurunan. Namun demikian, untuk segmen menengah ke atas penjualannya masih stabil. “Karena itu, di pameran ini kami promosikan bahwa KPR Mandiri menawarkan suku bunga terbaik di Indonesia,” terang Maswar.

Ditambahkannya, tahnun ini Mandiri menargetkan penyaluran KPR sebesar Rp1 triliun. Target tersebut, kata Maswar, naik 17 persen dibandingkan tahun 2015 lalu. “Tahun ini tipe rumah menengah ke atas banyak dicari yaitu dari harga Rp500 juta ke atas,” sebutnya.

Salah satu perusahaan properti di Bali membenarkan, permintaan rumah tinggal belum menunjukkan adanya peningkatan. Direktur Singaraja Properti, Luh Kerthianing, mengatakan, untuk memulihkan bisnis di sektor property perlu peran perbankan dalam memberikan kemudahan kredit.

“Saat ini semua sektor ekonomi lagi lesu termasuk properti. Karena itu, kami berikan kemudahan, salah satunya keringanan uang muka, yaitu sekitar 5 persen dan pembayarannya bisa dicicil. Itu kemudahan bagi konsumen. Sekarang harga tanah naik terus. Investasi di sektor ini sangat bagus,” katanya.

wartawan
Ayu Eka Agustini
Category

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Desa Wisata di Bali Berhasil Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengumumkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan. Pada tahun 2025 ini, Kemenpar RI berkolaborasi dengan salah satu bank swasta mensertifikasi 10 desa wisata di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Hadirkan Servis Gratis Honda di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung Jelang Nataru

balitribune.co.id | Denpasar – Menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Astra Motor Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima kepada konsumen setia Honda melalui program Servis Gratis Honda. Layanan ini berlangsung mulai 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung, Denpasar.

Baca Selengkapnya icon click

PascaBanjir di Bali, Zurich Menerima Pengajuan Klaim Rp 30 Miliar Lebih

balitribune.co.id | Denpasar - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) telah menerima laporan klaim atas lebih dari 140 polis dengan estimasi total kerugian mencapai lebih dari Rp 30 miliar terkait bencana di Bali tersebut. Sebagian besar klaim berasal dari lini asuransi properti, disusul oleh lini kendaraan bermotor.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.