Ratusan KJG dan KNPI Gelar Bersih-bersih Pantai | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 07 Agustus 2020
Diposting : 17 October 2016 11:59
redaksi - Bali Tribune
Bersih-bersih pantai
BERSIH-BERSIH - Aksi bersih pantai di kawasan suci Pantai Masceti, Blahbatuh

Gianyar, Bali Tribune

Serangkaian kegiatan bulan Bhakti Pemuda, KNPI Gianyar bersama siswa dan beragam komunitas lainnya, menggelar aksi bersih pantai di kawasan suci Pantai Masceti, Blahbatuh, Minggu (16/10). Semua pihak diajak bersama-sama menjaga kebersihan pantai yang merupakan tempat rekreasi sekaligus pusat kegiatan keagamaan.

Ratusan orang yang terdiri dari organisasi kepemudaan, siswa, serta komunitas kurnalis dan komunitas  vespa menggelar aksi lingkungan di Pantai Masceti. Sampah-sampah yang berserakan di bibir pantai  dipastikan terangkut karena sangat menganggu pemandanganm demikian pula sampah yang masuk ke celah bebatuan  hingga di jaba pura masceti.

Pengelola Pantai Masceti I Ketut Sigat membenerkan jika Pantai Masceti belum bebas dari sampah   karean sejumlah factor.  Terutamanya pengunjung dan pedagang dan sampah kayu karena diempas gelombang karena kiriman dari sungai. Selain itu, juga ditemukan banyak sampah karena tempat ini sebagai daerah kunjungan wisata juga dipakai tempat melis atau melisti. Pedagang acung, musiman dan pedagang ditempat ini juga memberikan kontribusi sampah plastik ditempat yang tergolong luas ini.

Ketua KNPI Gianyar Nyoman Aryawan ditemui di lokasi mengatakan aksi sosial bersih-bersih pantai serangkaian bulan bhakti Pemuda 2016. Bhakti sosial bersih-bersih pantai ini melibatkan siswa-siswa SMA,SMK se-Kabupaten Gianyar, Komunitas Jurnalis Gianyar, komunitas vespa,  OKP, DSC dan kader pemuda.

Dipilihnya Pantai Masceti sebagai tempat aksi bersih-bersih ini karena tempat ini merupakan tempat wisata, selain itu tempat ini sebagai tempat digelar upacara melasti.Aksi bersih-bersih ini dilakukan agar pantai lingkungan menjadi bersih, bebas dari sampah khususnya sampah plastik yang sulit terutai.”Kami mengajak semua pihak, termasuk siswa untuk perduli dengan lingkungan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Karena lingkungan kotor akan menimbulkan bibit penyakit,”jelas Ketua KNPI Gianyar seraya mengatakan pantai Masceti merupakan tempat tujuan wisata. 

Dalam aksi bersih-bersih sepanjang Pantai Masceti yang dimulai pukul 07.00 Wita hingga pukul 09.30 Wita, berhasil terkumpul puluhan kantong plastik hitam ukuran besar.Bagi kelompok atau perorangan berhasil mengumpulkan sampah paling banyak mendapatkan hadiah uang dan pihak panitia hanya memilih 3 besar. Sampah yang sudah terkumpul kemudian diangkut 2 unit truk DKP Gianyar untuk dibawa ke TPA Temesi Gianyar.