Safari Kesehatan di Banjar Gunung Peguyangan Kaja | Bali Tribune
Diposting : 23 May 2016 16:16
rls - Bali Tribune
kesehatan
Salah seorang Balita menjalani pengukuran berat badan serangkaian Safari Kesehatan di Banjar Gunung Kelurahan Denpasar Utara akhir pekan lalu.

Denpasar, Bali Tribune

 Menggandeng Yayasan Peduli Kesehatan (YPK) Bali, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk mensejahterakan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya. Salah satunya diwujudkan dengan melaksanakan Safari Kesehatan dengan menyasar semua banjar yang ada di kota itu.

Seperti yang dilaksanakan di Banjar Gunung Kelurahan Peguyangan Kaja, akhir pekan lalu. Selain Yayasan Peduli Kesehatan (YKP) Bali, Safari Kesehatan yang dimotori Dinas Kesehatan Kota Denpasar ini didukung pula oleh Puskesmas III Denpasar Utara.

Disela-sela Kegiatan, Kepala Puskesmas III Denut,  AAN Tarumawijaya menjelaskan, kegiatan ini bersifat rutinitas dan menjadi program berkelanjutan yang dicanangkan Pemkot Denpasar.”Selain memberikan pelayanan kesehatan secara gratis, masyarakat juga diberikan pemahaman akan pentingnya menjaga kesehatan,”jelasnya.

Seperti safari kesehatan sebelumnya, di Banjar Gunung Peguyangan Kaya ini masyarakat dilayani pengecekan tensi, fisioterapi, THT dan Posyandu. “Khusus untuk kegiatan Posyandu pelayanan yang diberikan meliputipenimbangan badan, pengukuran lingkar kepala dan tinggi badan serta PMT atau Pemberian Makanan Tambahan,”kataTarumawijaya.

Dia menambahkan, safari kesehatan di Banjar Gunung Peguyangan Kaja ini akan kembali dilaksanakan pada 27 Mei 2016 mendatang. Rencananya, saat pelaksanaannya nanti akan ada pelayanan tambahan berupa pelayanan operasi katarak secara gratis.

“Jadi bagi warga yang memiliki penyakit mata katarak agar segera mendaftar sehingga saat safari kesehatan pekan depan bisa dilayani tindakan medis berupa operasi,”lanjut Tarumawijaya.

Ia berharap, kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Denpasar khususnya pada bidang kesehatan. “Dengan safari kesehatan ini, mudah-mudahan derajat kesehatan masyarakat Kota Denpasar pelan-pelan terus meningkat dan menciptakan masyarakat Kota Denpasar yang sehat,”harapnya.

Tanggapan positif atas kegiatan itu disampaikan Kepala Dusun Gunung Desa Peguyangan Kaja, I Made Parmita. Menurutnya, Safari Kesehatan yang diadakan Pemkot Denpasar ini merupakan langkah kebijakan yang sangat baik. Selain itu, kegiatan ini dirasakannya sangat membantu masyarakat terutama bagi kaum balita dan manula setempat.

“Kedepannya, kami berharap kegiatan ini bisa berlangsung secara berkesinambungan sehingga pelayanan bidang kesehatan dapat menyentuh semua lapisan masyarakat khususnya yang ada di pelosok-pelosok Kota Denpasar,”ucap Parmita.

Hal yang sama pula disampaikan salah seorang warga lansia Banjar Gunung, I Nyoman Refeg (85th). Kakek ini mengaku, kegiatan ini sangat membantu dirinya. “Saya sangat senang, saya bisa merasakan pengobatan dan fisioterapi gratis bersama lansia lainya disini, terlebih cucu saya juga dapat PMT dan penimbangan secara gratis disini. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus berlanjut,” ujarnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler