Semalaman Diguyur Hujan Lebat dan Angin Kencang, Pohon Tumbang Terjadi di Tiga Tempat | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 30 Oktober 2020
Diposting : 17 September 2020 17:26
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / Petugas dari BPBD Karangasem saat melakukan penanganan kejadian pohon tumbang di Karangasem

balitribune.co.id | Amlapura - Hujan lebat disertai tiupan angin kencang yang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Karangasem, sepanjang Rabu (16/9/2020) malam hingga Kamis (17/9/2020) pagi memicu terjadinya bencana pohon tumbang disejumlah tempat. Di Banjar Dinan Liligundi, Desa Buanagiri, Kecamatan Bebandem, Karangasem, sebuah pohon belalu setinggi 40 meter dengan diameter 30 Cm, tumbang melintang di tengah jalan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun koran Bali Tribune, Kamis (17/9/2020) kejadian tersebut terjadi pada pukul 00.10 Wita Kamis dinihari. Selain melintang ditengah jalan, pohon belalu tumbang tesebut juga menimpa kabel listrik PLN hingga putus. Akibatnya aliran listrik PLN ke rumah warga di desa setempat padam atau terputus.

“Malam itu juga kami langsung luncurkan TRC untuk melakukan penanganan ke lokasi kejadian, tentunya kami berkoordinasi dengan petugas dari PLN, karena pohon yang tumbang tersebut juga menimpa kabel listrik PLN,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa. Hanya saja kata dia, karena lokasi berada di tengah perkebunan, maka penanganan dilanjutkan pada keesokan harinya.

Pohon tumbang juga terjadi di Banjar Dinas Apit Yeh, Desa Manggis, Kecamatran Manggis, Karangasem. Dimana pada Rabu sekitar Pukul 23.00 Wita, sebuah pohon jenis Kusambi, tumbang dan melintang ditengah jalan. Usai menerima laporan tersebut sejumlah petugas dari TRC BPBD Karangasem langsung meluncur ke lokasi kejadian utnuk melakukan penanganan. Hingga akhirnya akses jalan kembali normal atau bisa dilalui oleh kendaraan.

 

Kamis pagi, sekitar pukul 10.00 Wita, sebuah pohon Lamtoro tua yang telah lapuk, tumbang dan melintang di tengah jalan, tepatnya di Banjar Dinas Kahang-kahang, Desa Kerthamandala, Kecamatan Abang, Karangasem. selain melintang ditengah jalan, pohon tumbang ini juga menimpa kabel listrik PLN. Setelah berkoordinasi dengan pihak PLN, petugad dari BPBD Karangasem kemudian melakukan penanganan, hingga akses jalan kembali bisa dilalui.