SMAN I Tampaksiring Didatangi Petugas Rekam E-KTP | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 04 Desember 2020
Diposting : 29 August 2018 00:25
redaksi - Bali Tribune
PELAYANAN - Kanis Dukcapil Gianyar I Gede Bayangkara mendampiangi pelayanan jemput bola perekaman E-KTP di SMAN I Tampaksiring.
BALI TRIBUNE - Meski sosialisasi gencar, sejumlah kendala masih dihadapi petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gianyar dalam menuntaskan perekaman e-KTP. Sistem pelayanan jemput bola  pun terus berlanjut hingga ke sekolah-sekolah. Selain armada mobil keliling, untuk  memaksimalkan pelayanan jemput bola hingga ke ke polosok ,  juga akan disiapkan motor box keliling.
 
Setelah menyambangi penduduk penyandang disabilitas hingga usia lanjut, pada hari Senin (27/8), giliran siswa SMAN I Tampaksiring yang mendapat pelayanan perekaman e-KTP jemput bola dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gianyar. Pelayanan jemput bola ini gencar dilasanakan sebagai upaya meminimalisi tercecerkan penduduk  Gianyar yang belum mengantongi e-KTP yang mencapai angka 11 ribu.
 
Sistem pelayanan jemput bola ini pun mendapat apresiasi positif dari pihak sekolah. Mengingat, siswa yang sudah memenuhi pensyaratan , cenderung terkendala. Lantaran berenturan dengan kegiatan belajar di sekolah. “Dengan pelayanan jemput bola ini, siswa kami nggak perlu minta izin lagi saat jam belajar, kami harap pelayanan ini berjalan secra periodik,” terang Kepala SMAN I Tampaksiring I Made Linggih.
 
Pada kesempatan itu. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gianyar, I Gede Bayangkara mengungkapkan, belum sepenuhnya  warga  memahami  manfaat e-ktp, terutamanya  warga yang tinggal di pelosok desa termasuk warga muda yang sudah memenuhi umur 17 tahun. Padahal, administrasi diri sudah diwajibkan oleh undang-undang.
 
Karena itu siswa SMAN I Tampaksiring diharapkan turut mendukung gerakan indonesia sadar administrasi kependudukan tersebut. Apalagi,  banyak program gratis dari pemerintah saat ini, seperti kesehatan dan pendidikan gratis yang  syarat utamanya harus memiliki identitas diri. “Belum lagi,  menjelang pelaksanaan pileg dan pilpres 2019, e-ktp adalah pesyaratan wajib untuk terdaftar sebagai pemilih,” paparnya.
 
Hari itu sedikinya 60 siswa  yang sudah memenuhi usia 17 tahun mendapat pelayanan perekaman e-KTP.  Sebagai penyempurnaan program jemput bola yang sudah dilakukan, Disdukcapil Gianyar juga berinovasi dengan  strategi peningkatan pelayanan administrasi kependudukan di daerah destinasi pariwisata. “Sejumlah motor box  yang dilengkapi peralatan rekaman juga akan kami disiapkan untuk menjangkau daerah pelosok,” tandasnya.