Tidak Disiplin, Bupati Suwirta Himbau Masyarakat Membuang Sampah Sesuai Aturan | Bali Tribune
Diposting : 7 November 2021 19:53
SUG - Bali Tribune
Bali Tribune / SAMPAH - Banyak tumpukan sampah di sekitar Pasar Galiran, Bupati Suwirta geram.

balitribune.co.id | SemarapuraSembari meninjau Pasar Galiran jelang hari raya Galungan. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melihat banyak tumpukan sampah di sekitar Pasar Galiran, Minggu (7/11/2021). Hal kondisi tersebut, Bupati Suwirta gusar.

"Ternyata masih banyak tumpukan sampah di sekitar Pasar Galiran. Sampah bersumber dari warga sekitar. Hal ini terungkap saat beberapa petugas Dinas LHP memantau tempat-tempat tersebut dan melihat banyak warga dari luar lingkungan sekitar yang kebetulan ke pasar sekalian bawa sampah," ujar Bupati Suwirta didampingi Kadis DLHP Klungkung I Ketut Suadnyanya.

Terpantau banyak sampah yang dibuang tidak terpilah seperti bulu ayam, kulit bawang, sampah dagangan dan sampah rumah tangga. Sudah jelas dengan tulisan larangan membuang sampah, masih saja ada masyarakat yang membuang sampah di tempat tersebut. Dengan mobil lengkap pengeras suara, Bupati Suwirta langsung mengumumkan dan mendatangi pengusaha bawang yang masih numpuk menaruh sampah bawang sembarangan.

"Mari kita biasakan hidup bersih dan sehat dengan pilah sampah dari sumber, keluarkan depan rumah atau gang sesuai jam dan hari yang sudah ditetapkan. Ayo kita pasti bisa tangani sampah dari sumber," tegas Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung I Ketut Suadnyana mengatakan, petugas kebersihan sudah setiap hari mengangkut sampah sesuai dengan jam pengangkutan. Namun diluar jam penganggutan banyak warga sekitar membuang sampah sembarangan disekitar pasara galiran.

"Petugas kami melihat ada warga yang membuang sampah disana. Jelas-jelas sudah ada larangan membuang sampah," ujar Suadnyana.

Pihaknya bersama petugas kebersihan akan memantau terus perkembangan terkait ketaatan warga membuang sampah yang sudah dipilah, dan menaruh sampah sesuai denga aturan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler