Upaya Berkelanjutan Mempromosikan Pariwisata, Dua Event Bergengsi Digelar di Kawasan Nusa Dua | Bali Tribune
Diposting : 14 June 2022 04:10
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / NUSA DUA - Kawasan Nusa Dua dipilih menjadi tempat penyelenggaraan ajang bergengsi berskala internasional di masa pandemi Covid-19

balitribune.co.id | BadungSejumlah kegiatan atau event berskala internasional yang berlangsung di Kawasan Nusa Dua Kabupaten Badung pada Juni 2022 ini menunjukkan kepariwisataan Bali mulai pulih. Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita dalam siaran persnya, Senin (13/6) mengatakan, terdapat dua event internasional telah sukses kembali terselenggara di kawasan The Nusa Dua. "Kami sangat mengapresiasi 

kepercayaan dari pemerintah serta stakeholders untuk menyelenggarakan event ini di The Nusa Dua sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mempromosikan pariwisata dan mempercepat pemulihan ekonomi di Bali," terangnya.

Kata dia, pemilihan Nusa Dua sebagai lokasi untuk menyelenggarakan dua event bergengsi yakni Vespa World Days (VWD) 2022 di Pulau Peninsula serta Miss Global’s Coronation Night 2022 di BNDCC beberapa waktu lalu ini yakini karena kesiapan dan kelengkapan kawasan The Nusa Dua dalam menggelar event-event internasional. Kawasan Nusa Dua memiliki kelengkapan antara lain tersedianya ruang-ruang pertemuan baik indoor maupun outdoor yang memadai untuk menampung peserta dalam jumlah cukup dengan ketentuan protokol kesehatan ketat.

Kontes Miss Global tahun ini diikuti 72 kontestan perwakilan dari 72 negara di dunia, sementara event Coronation Night selain diikuti seluruh peserta dihadiri juga 250 orang meliputi juri, penonton dan penyelenggara. Pada kontes Miss Global ke-10 ini terdapat 2 prosesi penobatan yang dilakukan yaitu penobatan Miss Global 2022 serta prosesi pemakaian mahkota untuk Miss Global 2021 yang penyelenggaraanya dilakukan secara virtual tahun lalu.

Ia menjelaskan, Pulau Peninsula di The Nusa Dua merupakan sebuah kawasan outdoor space dengan lokasi langsung menghadap Samudera Hindia yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan Meeting Incentive Conference Exhibition (MICE) . Dengan luas 5 hektar Pulau Peninsula memiliki fasilitas open stage, helipad standard Chinook, stage Kecak untuk menampung 500 orang, serta wisata alam Water Blow Peninsula Nusa Dua. Sebelum pandemi, Pulau Peninsula telah menjadi venue penyelenggaraan event tahunan Pesona Nusa Dua Fiesta, Bali Blues Festival serta Nusa Dua Light Festival, selain banyak digunakan sebagai lokasi wedding, event gathering perusahaan serta music festival.

Sementara, BNDCC merupakan fasilitas MICE terintegrasi yang terletak di kawasan The Nusa Dua. BNDCC memiliki 44 ruang multi fungsi termasuk aula sub-divisi seluas 4.400 sq.m untuk memfasilitasi hingga 10.000 delegasi, salah satunya Pecatu Hall yang menjadi ruang penyelenggaraan penobatan Miss Global 2022. Ruangan yang artistik ini memiliki luas 1.770 m2 dan tinggi langit-langit 8 meter, mampu menampung hingga 1.800 peserta, dan dapat diubah menjadi 4 ruang terpisah yang akan memberikafleksibilitas untuk mengadakan berbagai acara secara bersamaan.

The Nusa Dua saat ini memiliki 18 hotel atau setara dengan kurang lebih 4.800 kamar yang beroperasi di masa pandemi serta fasilitas MICE yang mampu menampung lebih dari 20.000 delegasi. 

"Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan serta mempersiapkan kawasan menjadi lebih baik untuk menyambut penyelenggaraan event internasional lainnya. Semoga dengan suksesnya penyelenggaraan beberapa event di kawasan kami, akan menggerakkan minat event organizer,pemerintah maupun stakeholders untuk menyelenggarakan aktivitas MICE bergengsi lainnya di kawasan kami," jelas Ardita.

Hukum & Kriminal

Terpopuler