Wabup Artha Dipa Resmikan Pembukaan Jalan Lingkar Desa Duda | Bali Tribune
Diposting : 12 May 2016 14:44
redaksi - Bali Tribune
Peresmian
BUKA JALAN - Wabup Karangasem Wayan Artha Dipa saat membuka jalan baru di Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem.

Amlapura, Bali Tribune

Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa didampingi Kepala BPMPD I Komang Daging, Kepala KP2T I Ketut Sumartha, Camat Selat I Ketut Mertadina, Kabag Tapem Setda I Ketut Artha Sedana, Muspika Kec.Selat, Perbekel se-Kec.Selat dan seluruh masyarakat Desa Duda meresmikan pembukaan Jalan Strategis Desa Duda “Jalan Lingkar Banjar Jangu” di Banjar Dinas Jangu Desa Duda Kecamatan Selat, Karangasem, dengan total pembiayaan rabat beton jalan sepanjang 700 meter itu sebesar Rp 168,2 juta, diambil dari anggaran APB-Des, Desa Duda, tahun anggaran 2016. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wabup Artha Dipa, Rabu (11/5).

Wakil Bupati Karangasem Artha Dipa usai peresmian mengatakan, jalan merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting dalam menunjang perekonomian masyarakat. Dikatakan saat ini Kabupaten Karangasem memiliki 398 ruas jalan dengan panjang total 858,326 km dengan kondisi 70,98 persen baik. Dan dengan diberlakukannya UU no 6 tahun 2014 tentang Desa, dimana ada beberapa kewenangan yang berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa, salah satunya adalah kewenangan desa untuk membangun dan memelihara sendiri jalan-jalan desa yang ada dilingkungan wilayahnya melalui dana APBDes.

“Pemkab Karangasem pada tahun 2016 ini melalui Dinas PU sedang melakukan penyusunan Data Base jalan, untuk mengidentifikasi jalan-jalan kabupaten dan jalan-jalan desa yang menjadi kewenangan kabupaten untuk menanggani jalan-jalan yang menjadi kewenangan desa dalam penanggananya,” tegas Wabup Artha Dipa. Hal itu nantinya dapat memudahkan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa dalam penyusunan program jalan ke depan.

Menurutnya pembangunan jalan itu sesuai pula dengan misi kelima Bupati-Wakil Bupati Karangasem untuk membangun infrastruktur wilayah yang merata, berkeadilan dan tepat guna serta mengembangkan wilayah berbasis potensi lokal perdesaan. Pembukaan jalan lingkar  Jangu merupakan salah satu wujud nyata partisipasi masyarakat Desa Duda khusunya dalam mendukung program 100 hari kerja kami dalam rangka pembukaan jalan-jalan strategis desa yang ada di wilayah Kab.Karangasem.

Wakil Bupati pun berharap kegiatan pembukaan jalan oleh masyarakat Desa Duda kali ini bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk mengembangkan jalan-jalan strategis di desanya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler