Wisatawan Australia Tetap Surfing, Abaikan Tanda Larangan | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 05 Juli 2020
Diposting : 12 April 2020 23:34
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ SURFING - Banyak wisatawan asing yang dipergoki masih bengkung ber surfing fria di Pantai Watu Klotok dan Batu Tumpeng, Klungkung.
Balitribune.co.id | Semarapura - Di tengah kewaspadaan Pandemi Covid -19, semua  pihak tergerak mengikuti ketentuan Protokol Kesehatan  yang digariskan pemerintah. Kawasan wisata di Klungkung  sendiri telah memutuskan meniadakan kunjungan wisatawan  Di beberapa lokasi sudah dipasangi tanda larangan sementara untuk surfing oleh Pokdarwis, baik Gelgel maupun di Tojan.
 
Namun niat baik pemerintah ini rupanya masih banyak terjadi pelanggaran di lapangan, utamanya dari Wisatawan asing yang sering kucing kucingan dengan petugas Satpol PP untuk melakukan aktifitas yang membahayakan kesehatan lingkungan ditengah tengah situasi wabah Virus Covid 19 saat ini.
 
Rupanya wisatawan asing masih belum kapoknya terbukti  Minggu(12/4) kembali jajaran  Satpol PP Klungkung saat melakukan penertiban keliling ,petugas masih menemukan sebanyak 7 orang asing Warga Negara Australia yang dipergoki sedang asik bermain surfing di pantai Watu Klotok ,Tojan maupun Pantai Batu Tumpeng, Gelgel,Klungkung.
 
Tidak ingin dianggap macan ompong petugas dipimpin Kasatpol PP Putu Suarta kemudian turun menemui para wisatawan tersebut dengan menggiringnya ke tepi pantai serta diharapkan segera meninggalkan kawasan tersebut. Kastapol PP/ Damkar Klungkung Drs Putu suarta dihubungi membenarkan kejadian tersebut.Malahan dirinya sebelumnya pada Sabtu(11/4) lalu   Satpol PP juga sudah mengamankan wisatawan asing yang sedang bermain surfing di kawasan pantai tersebut. Secara tegas oleh petugas Sat Pol PP meminta para wisatawan tersebut untuk segera meninggalkan kawasan itu.
 
Namun gertakan petugas satpol PP saat itu hanya dianggap angin lalu oleh wisatawan asing yang  bandel,mereka masih  cuek bebek mereka asik bermain surfing, mereka tidak mengindahkan imbauan petugas.
 
“Tadi awalnya ada empat orang yang surving, sudah kami imbau untuk menghentikan aktifitas, tidak berselang lama lagi datang sekitar enam orang wisatawan asing mau surving. Mereka bandel, sempat kami halau, malahan ada yang menceburkan diri ke laut,” ungkap Kasat Pol PP Klungkung Putu Suarta.
 
Kasatpol PP Putu Suarta pun meminta kepada pemandu wisata agar mengajak tamunya balik ke hotel. “Di tengah suasana saat ini (penyebaran Covid-19), kami kan tidak tahu riwayat perjalanan wisatawan itu. Pemandunya asal Timor satu dan satu lagi guide lokal,sudah kami ingatkan dan minta agar tamunya diajak kembali ke hotel,” tegas Putu Suarta walaupun saat ini diokawasan tersebut sudah dipasangi tanda larangan.