Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Womenwill, Pentingnya Pengusaha Wanita Kenal Teknologi Digital

teknologi
TEKNOLOGI - Pengenalan teknologi digital kepada pengusaha wanita saat konferensi Womenwill.

BALI TRIBUNE - Ribuan pengusaha wanita ikuti konferensi Womenwill yang membahas pengembangan bisnis kecil milik wanita di Nusa Dua, Badung, Senin (14/8).

Head of Public Policy and Government Relations Google, Shinto Nugroho mengatakan, objektif dari Womenwill Indonesia adalah menghapus kesenjangan peluang ekonomi. Konferensi ini menarik perhatian sekitar 1.300 orang pengusaha wanita di Bali.

Menurutnya, banyak wanita Indonesia yang ingin berbisnis namun tidak tahu harus memulai dari mana atau dengan cara apa. Berdasarkan laporan lFC tahun 2016 dengan judul “UKM yang dimiliki wanita di Indonesia” bahwa 51 persen bisnis mikro dan kecil di Indonosia dimiliki oleh wanita, tetapi hanya 34 persen yang memiliki bisnis dengan ukuran menengah.

Selain itu, ada fakta bahwa sekitar 47 persen wanita pengusaha Indonesia jarang memanfaatkan teknologi, seperti komputer dalam mengembangkan bisnisnya. “Dari beberapa studi, diketahui bahwa bisnis yang hadir secara online tumbuh 80 persen lebih cepat dari bisnis yang masih offline,” sebut Shinto.

Konferensi Womenwill kali ini kata dia yang diinisiasi oleh google kembali memberikan pelatihan seputar pemanfaatan teknoloni dan internet yang bisa dimanfaatkan dalam pengembangan bisnis. Sejak diluncurkan pada Mei 2017 lalu, konferensi Womenwill telah berhasil menjangkau lebih dari 5.500 wanita di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang.

Tidak hanya itu, setidaknya ada 50.000 wanita telah mendapatkan pelatihan melalui berbagai kegiatan Womenwill lainnya. Pemilik Bali Alus, Ni Kadek Eka Citrawati mengakui jika bisnis yang dilakukan harus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi digital.

Setelah menggunakan pemasaran digital, dia pun mengakui adanya kemajuan dalam bisnisnya itu. “Saya merasakan dampak yang signifikan semenjak memutuskan untuk berkenalan dengan teknologi digital. Memanfaatkan sarana cuma-cuma seperti Google Bisnisku, menjadi solusi dalam mempromosikan karya anak bangsa di dunia tanpa batas,” terangnya.

wartawan
Ayu Eka Agustini
Category

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Desa Wisata di Bali Berhasil Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengumumkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan. Pada tahun 2025 ini, Kemenpar RI berkolaborasi dengan salah satu bank swasta mensertifikasi 10 desa wisata di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Hadirkan Servis Gratis Honda di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung Jelang Nataru

balitribune.co.id | Denpasar – Menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Astra Motor Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima kepada konsumen setia Honda melalui program Servis Gratis Honda. Layanan ini berlangsung mulai 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung, Denpasar.

Baca Selengkapnya icon click

PascaBanjir di Bali, Zurich Menerima Pengajuan Klaim Rp 30 Miliar Lebih

balitribune.co.id | Denpasar - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) telah menerima laporan klaim atas lebih dari 140 polis dengan estimasi total kerugian mencapai lebih dari Rp 30 miliar terkait bencana di Bali tersebut. Sebagian besar klaim berasal dari lini asuransi properti, disusul oleh lini kendaraan bermotor.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.