Semangat Jengah, Ribuan Siswa Meriahkan HUT Bangli ke-819 | Bali Tribune
Diposting : 10 May 2023 18:36
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune / KIKA - Bupati Sedana Arta dan Wagub Cok Ace menghadiri peringatan HUT Bangli ke-819 di Alun-alun Bangli, Rabu (10/5).

balitribune.co.id | BangliPeringatan HUT Kabupaten Bangli ke-819 berlangsung di Alun-alun Bangli pada Rabu (10/5) yang dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorta Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wabup Bangli I Wayan Diar, jajaran DPRD Bangli, Forkompinda Bangli, ASN di lingkungan Pemkab Bangli, Perbekel, tokoh masyarakat hingga para siswa. 

Puncak peringatan HUT Bangli ini disemarakkan dengan penampilan parade agung pramuka Bangli Era Baru yang melibatkan 4000 siswa SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Bangli. Parade siswa menampilkan sejumlah tarian Nusantara. 

Ditemui usai apel dan membukaan pameran UMKM, Wagub Cok Ace menyampaikan apresiasi atas kemajuan Kabupaten Bangli. Menurutnya, kemajuan Bangli sangat luar biasa. Tentu hal ini tidak lepas dari kerja keras pemerintah dan dukungan masyarakat Bangli.

"Ini kemampuan pemimpin dalam melibatkan masyarakat dalam setiap event. Telah kita saksikan ribuan siswa tampil dalam HUT Bangli. Tanpa didasari semangat jengah tentu sulit diwujudkan," ungkap Wagub Cok Ace. 

Terkait pameran UMKM, Wagub Cok Ace menyebutkan dalam kegiatan ini para UMKM ikut mengambil bagian. Begitu juga kegiatan yang dilaksanakan Provinsi. Para UMKM  yang terlibat lokal Bali maupun luar Bali.

"Ajang ini menjadi peluang besar untuk menampilkan produk-produk inovasi," ujar mantan Bupati Gianyar ini.  

Sementara Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, HUT Bangli ke-819 ini digelar berbagai kegiatan. Yang mana kegiatan akan berlangsung hingga 27 Mei mendatang dan sebagai penghujung akan dipentaskan hiburan musik. 

Bupati Sedana Arta mengaku bangga dari tahun ke tahun antusias masyarakat Bangli semakin terlihat. Namun demikian pihaknya mengingatkan semangat jengah harus dimulai dari ruang-ruang keluarga. 

"Pembangunan ke depan terus menggeliat dan diharapkan partisipasi masyarakat juga bertambah," ungkapnya. 

Tidak ketinggalan Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan terima kasih atas dukungan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali untuk pengembangan Kabupaten Bangli. Begitu juga untuk seluruh lapisan masyarakat Bangli.

Disisi lain, Kadisdikpora Bangli Komang Pariarta mengungkapkan, parade agung pramuka Bangli Era Baru melibatkan siswa SD, SMP, SMA/SMK yang jumlah 4000 orang. Para siswa terbagi dalam beberapa tugas yakni pembawa bendera merah putih sebanyak 1.500 orang, tari Semaphore sebanyak 1000 orang. 

"Para siswa membuat berbagai variasi gerakkan dan paper mop yang membentuk dirgahayu Bangli ke-819 dan Bendera Merah Putih," jelasnya.

Selain itu ada 550 siswa pembawa bendera wosm atau lambang kepramukaan se-dunia, 550 siswa pembawa bendera pramuka/bendera tunas. Berikutnya penampilan tari Nusantara, meliputi Tari Sinanggar Tulo yang berasal dari Provinsi Sumatra Utara, Tari Rantak yang berasal dari Provinsi Sumatra Barat, Tari Gambyong Pareanom berasal dari provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya, Tari Tor-Tor berasal dari provinsi Sumatra Utara, Tari Galumpang berasal dari provinsi Kalimantan Timur. 

Tidak hanya itu, sesuai icon HUT kali ini yakni Baris maka ditampilkan pula Tari Baris Tombak yang di tampilkan oleh 600 orang siswa. 

Tari Baris menurut Babad Bali merupakan tarian pasukan perang. Baris yang berasal dari kata berbaris, berjejer, berderet yang dapat diartikan pasukan. Dari gerak  tarian ini menggambarkan ketangkasan pasukan prajurit. 

Tari ini merupakan tarian kelompok yang dibawakan oleh para pria, umumnya ditarikan secara masal dengan gerakan yang lincah  kokoh, lugas dan dinamis, diiringi Gong Kebyar dan Gong Gede. Dan Tari Baris Tombak merupakan Tari Baris yang membawa senjata tombak sebagai senjata oleh pasukan zaman dahulu kala, dalam mempertahankan sebuah kedaulatan suatu wilayah, biasanya ditarikan dalam upacara Dewa yadnya. 

"Tari baris pada parade agung saat ini, para penari menggunakan tongkat Pramuka sebagai senjata pramuka penegak dalam menopang gerak untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin Bangli," sebutnya. SAM.