Hino CSBI Beri Perawatan Mobil Pengangkut BBM Elnusa, Pastikan Keselamatan Mobil dari TBBM hingga SPBU | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 04 Oktober 2024
Diposting : 4 October 2024 17:02
HEN - Bali Tribune
Bali Tribune / HINO CSBI - Mekanik Hino CSBI melakukan inspeksi memastikan keselamatan mobil pengangkut BBM.

balitribune.co.id| Amlapura - Sebagai implementasi dari program New Maintance Managemen System (New MMS), PT Cahaya Surya Bali Indah (CSBI) main dealer Hino wilayah Bali (Hino CSBI) dan PT Elnusa Petrofin mengadakan aktivitas Go Live pada Senin (1/10) di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Manggis, Karangasem.

Program New MMS bertujuan menjaga keselamatan unit-unit mobil pengangkut BBM dari TBBM hingga ke Satuan Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hadir dalam kegiatan ini, Yeremia Yordan (Technical Maintenance PT Elnusa Petofin Jakarta), Dimas (HO TBBM Bali), Eko Budi (GSO Div Head HMSI), Zaeroji (Aftersales Area Jabal Nusra),Gede Subawa (GM PT CSBI), dan Teja Kencana & Team dari aftersales PT CSBI.

Gede Subawa didampingi Teja Kencana menjelaskan, Hino CSBI membagi kegiatan ini dalam dua aktivitas yakni SDaily Inspection dan Periodical Maintenance. Untuk SDaily Inspection, Hino CSBI menempatkan sembilan orang mekanik yang telah tersertifikasi ATPM HINO (tiga HQS Senior Mechanic dan enam HQS Junior Mechanic)

Semua mekanik ini sudah mengerti tentang seluk beluk kendaraan Hino serta diberikan juga pembelajaran mengenai metode pengecekan kendaraan sesuai standar KNKT. Mekanik ini juga dibekali dengan pengenalan terhadap komponen-2 dan cara kerja Karoseri Tangki BBM agar mekanik juga mampu malakukan trouble shooting ringan jika terjadi kendala.

"Dengan bekal ini maka mekanik2 ini mampu untuk melakukan pengecekan secara detail terhadap kelayakan unit tangki sebelum unit tersebut mengangkut BBM dan mendistribusikannya" kata dia. Teja Kenjana menambahankan Periodecal Maintanance yakni Hino menyiapkan lima orang tenaga mekanik dengan sertifikat HQS Senior dan HQS Junior, dengan tugas utama adalah melakukan perawatan secara berkala dengan interval perawatan setiap 10.000 KM.

Seperti penggantian Oli, filter, penyetelan rem, kopling, kelistrikan, kaki2 dsb. Perwatan ini dilakukan di workshop milik Elnusa yang berada di manggis, sekitar 3 km dari TBBM Manggis Yordan menuturkan New MMS ini saat ini baru akan berjalan beratahap di 9 lokasi TBBM secara nasional yaitu FT Medan, IT Teluk Kabung, FT Jambi, FT Kertapati, FT Manggis, FT Pesanggaran, FT Pontianak, IT Makasar dan FT Tobelo.

"Khusus untuk di Bali sendiri saat ini baru di Manggis, semoga dalam waktu dekat akan dapat GOLIVE juga untuk FT Pesanggaran. Harapanya dengan adanya program new mms ini adalah memastikan bahwa perawatan dan kendaraan mobil tangki PT Elnusa Petrofin IT Manggis dapat beroperasi dengan aman, efisien dan sesuai standar keselamatan dan safety," tutup Yordan.