120 Konten Kreator se-Asia Pacifik Hadiri ‘Creator Week 2022’ Meta di Bali | Bali Tribune
Diposting : 1 November 2022 15:14
HEN - Bali Tribune
Bali Tribune / CREATOR WEEK - 120 konten kreator dari 11 negara se-Asia Pacifik menghadiri kegiatan Creator Week yang dihelat Meta di Potato Head, Seminyak Bali.
balitribune.co.id | Badung - Sebanyak 120 konten kreator dari 11 negara se-Asia Pacifik menghadiri  kegiatan  Creator Week  yang dihelat Meta di Potato Head, Seminyak Bali.
 
Kegiatan ini merupakan kegiatan Meta dengan menghadirkan program-program inspirasional untuk membantu para kreator mengembangkan karir, terhubung dengan rekan kerja, dan membangun masa depan bersama. Sebagai rangkaian dari kegiatan Creator Week 2022, Meta juga mengumumkan berbagai cara baru bagi kreator untuk menghasilkan uang di Facebook dan Instagram.
 
Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta di Indonesia dan Asia Tenggara mengatakan, Indonesia negara pertama kick Off dan Bali dipilih sebagai tuan rumah penyelenggara lantaran Bali merupakan daerah wisata serta memiliki akses mudah untuk peserta.
  
Dikatakan Creator Week 2022 adalah ajang selebrasi bagi kreator-kreator dari seluruh Asia Pasifik yang menginspirasi gerakan baru dalam menciptakan konten online kreatif. 
 
“Perayaan ini merupakan bentuk komitmen Meta dalam mendukung perjalanan para kreator dalam membangun eksistensi dan kesuksesannya di ranah digital. Meta juga terus membantu para kreator untuk lebih mudah mengekspresikan berbagai ide kreatif dan segar melalui berbagai fitur terbaru yang disediakan di berbagai lini platform Meta.” ungkap Review 
 
Lebih jauh dijelaskan di kuartal ketiga tahun ini, Meta mengumumkan bahwa sekarang ada lebih dari 140 miliar konten Reels yang diputar setiap hari di Facebook dan Instagram, dan Reels sendiri memiliki tingkat pendapatan tahunan sebesar USD 3 miliar dari kedua aplikasi. Hal ini semakin membuktikan mengapa Reels menjadi salah satu elemen kunci bagi Meta.
 
Berikut adalah beberapa pembaharuan yang dilakukan pada Reels di Facebook dan Instagram :
 
Pembaruan pada Instagram Reels 
Meta ingin memudahkan kreator dalam mengekspresikan diri mereka melalui video di Instagram tanpa mengubah cara mereka bekerja. Sekarang, kreator bisa membagikan video ke Instagram Reels langsung dari aplikasi favorit mereka, seperti Videoleap, Smule, VivaVideo dan masih banyak. Aplikasi-aplikasi ini juga dapat membantu pengguna untuk langsung membagikan videonya ke Facebook. 
 
Pembaruan pada Facebook Reels 
Ada beberapa fitur baru di Facebook Reels untuk membantu kreator dilihat oleh lebih banyak audiens dan berinteraksi dengan para fans, seperti, melalui fitur Facebook Reels Collabs, Anda dapat berkolaborasi dengan kreator lain dan menciptakan konten Reels bersama sambil memperluas jangkauan dan memperbesar jumlah pengikut. 
 
Facebook Reels Explore merupakan destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending, memberikan kreator inspirasi mengenai apa yang sedang populer dan sebuah cara baru untuk menarik audiens baru. 
 
Facebook Reactions di Reels memberikan fans sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan konten Anda.
 
Meta juga merilis beragam fitur desktop untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi kreator dalam mengoptimasi konten mereka di Creator Studio dan Meta Business Suite, misalnya dari menambahkan musik dan menggabungkan sejumlah potongan video hingga fitur baru untuk meningkatkan audio, seperti penghilang suara-suara yang tidak diinginkan dan speech enhancer, yang dapat membuat Reels Anda menjadi lebih menarik. Selain itu, kreator juga dapat mengunggah Reels langsung dari laman Facebook.
 
Sebagai bagian dari komitmen Meta untuk membantu kreator dalam menghasilkan pendapatan, Meta telah meluncurkan Branded Content di Facebook Reels secara global yang menawarkan sebuah cara baru bagi kreator dalam memaksimalkan penghasilan mereka. Kreator akan mendapatkan akses terhadap fitur tag Branded Content di Facebook Reels untuk postingan organik, dan brand-brand yang di-tag dapat mengubah Reels tersebut menjadi sebuah iklan Branded Content. 
 
Selain di Reels, Meta juga menghadirkan beberapa fitur baru lainnya untuk mendukung keamanan dan kenyaman para kreator serta pengguna di platform-nya, seperti, Fitur Anti-Bullying di Instagram.
 
Instagram juga menghadirkan fitur Anti-Bullying untuk melindungi kreator dan figur publik dari interaksi yang tidak diinginkan, beberapa diantaranya yang baru diluncurkan, pembaruan pada Multi-Blokir.
 
Sekarang kreator tidak hanya bisa memblokir akun-akun yang sudah ada, tetapi juga bisa memblokir akun-akun yang akan dibuat oleh pihak terblokir ke depannya.
 
Pengingat kebaikan: notifikasi akan muncul di DM Instagram untuk mengingatkan dan mendorong pengguna menyampaikan pesan dengan baik ke kreator.
 
Pengingat untuk membalas komentar: pengingat bagi pengguna untuk berinteraksi secara positif di dalam utas komentar yang memanas. Nantinya akan ada pengingat yang muncul saat pengguna mengetuk untuk membalas komentar yang berpotensi menyinggung.
 
Pembaruan pada Hidden Words: untuk memproteksi kreator dan figur publik dari kata-kata negatif dan ofensif, Instagram telah melakukan peningkatan salah satunya pesan ofensif yang dikirim melalui balasan Stories akan terfilter dan masuk ke folder Hidden Requests di DM. Selain itu, Instagram juga memperluas daftar kata untuk Hidden Words dari berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.
 
Pengaturan Default untuk akun kreator: Instagram mengatur Hidden Words untuk kolom komentar dan DM sebagai default akun kreator.