Banyak Wisatawan Bandel Bermain di Pantai Ombak Ekstrim | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 27 Januari 2023
Diposting : 19 January 2023 05:59
SUG - Bali Tribune
Bali Tribune / OBYEK WISATA – Salah satu obyek wisata yang ada di Nusa Penida.

balitribune.co.id | Nusa PenidaBanyaknya wisatawan asing mapun domestik yang menjadii korban keganasan obyek wisata populer di Nusa Penida, karena ombaknya ekstrim, membuat Dinas Pariwisata Klungkung mulai berbenah, atensi kemungkinan yang bisa terjadi kedepan. Pemkab Klungkung melalui Dinas Pariwisata berkordinasi dengan BPBD Klungkung berencana  menyiagakan petugas Balawista di 3 destinasi pantai terpopuler di Nusa Penida.

Hal itu ditegaskan Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati, Rabu (18/1/2023). Menurutnya hal ini dilakukan untuk mengantisipasi wisatawan bandel yang nekat berenang, saat kondisi cuaca buruk di destinasi pantai tersebut. Disebutkannya,ada tiga pantai yang menjadi perhatian khusus Dinas Pariwisata Klungkung, yang dianggap sangat berbahaya untuk aktivitas berenang, terutama saat cuaca buruk. Destiansi tersebut yakni Pantai Diamond di Desa Pejukutan, dan Pantai Angle Billabong dan Pantai Klingking di Desa Bungamekar.

"Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Klungkung, untuk mendata pantai-pantai yang butuh pengamanan lebih, terutama dalam kondisi cuaca buruk saat ini.Dari identifikasi awal, ada 3 objek pantai yang perlu dilakukan pengamaman lebih karena dianggap sangat berbahaya untuk aktivitas berenang, yakni Pantai Diamond, Pantai Klingking, dan Pantai Angel Billabong," ujar Ni Made Sulistiawati.

Sementara pengamanan difokuskan di tiga pantai itu, dengan menyiagakan petugas balawista yang ada di Nusa Penida. Saat ini ada 5 petugas balawista di Nusa Penida,5 Balawista di Lembongan Ceningan dan 5 petugas Balawista di Klungkung daratan. Sementara itu 10 petugas Balawista yang ada di Nusa Penida dan Lembongan, Ceningan yang bisa ditugaskan untun menjaga 3 pantai yang terkenal memiliki ombak besar tersebut.

Menurutnya, ditempatkanya petugas balawista ini sangat penting, untuk melarang wisatawan nekat berenang di 3 pantai tersebut, terutama ketika cuaca buruk. Walaupun di destinasi itu sebenarnya sudah dipasang papan peringatan bahaya berenang. “Saat ini Dinas Pariwisata Klungkung  sudah ada 5 petugas di Nusa Penida, 5 petugas di Lembongan Ceningan dan 5 Petugas di Klungkung daratan. Untuk kordinasi penugasannya kita kordinasikan  di bawah BPBD, sehingga kita arahkan mereka pada pantai pantai yang ombaknya ektrim ada petugasnya yang stand bay mengawasi,” tandasnya.