Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

BI Jadikan Pasar Banyuasri Sebagai Kawasan Digital Berbasis QRIS

Bali Tribune / QRIS - Peresmian Pasar Banyuasri Sebagai Kawasan Pasar Tradisional Digital Berbasis QRIS" di Buleleng, Selasa (30/3/2021).

balitribune.co.id | SingarajaDiresmikannya Pasar Banyuasri usai direvitalisasi, menjadi momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Buleleng yang ke-417  tahun. Hal ini tentu seiring dengan  komitmen pemerintah daerah menggerakkan pembangunan dan perekonomian masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan setahun belakangan ini memberikan guncangan yang cukup keras di hampir seluruh sektor sosial ekonomi, di mana Bali menjadi provinsi yang paling terdampak dengan pertumbuhan angka ekonomi 2020 sebesar -9,31% (yoy),” ucap Kepala Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali, Trisno Nugroho, disela "Peresmian Pasar Banyuasri Sebagai Kawasan Pasar Tradisional Digital Berbasis QRIS" di Buleleng, Selasa (30/3).

Disampaikan, berbagai upaya pemulihan tiada henti dilakukan bersama melalui berbagai gagasan.  Dari aspek kesehatan, Pemerintah tengah berupaya mempercepat perluasan jangkauan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh lapisan masyarakat.  Sedangkan dari aspek ekonomi, pada 26 Maret 2021, baru saja digelar "Forum Investasi" yang dihadiri oleh para Menteri dan Duta Besar negara asal wisatawan terbesar di Bali, yang tujuannya tidak lain untuk meyakinkan bahwa Bali siap dibuka kembali dengan penerapan protokol tata kehidupan baru yang ketat di  seluruh sektor sosial ekonomi termasuk pasar. 

Selama pandemi Covid-19, pasar sebagai jantung kegiatan ekonomi jual beli di mana keramaian manusia sulit terhindarkan pun terkena imbasnya.  Dengan menjaga sosial yang dilakukan dan menjaga urgensi faktor tanpa kontak, kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan, masyarakat kini cenderung lebih berhati-hati dan beralih ke segala sesuatu serba tanpa kontak fisik / tatap muka. 

“Dari perubahan pola perilaku tersebut, digitalisasi menjadi salah satu cara terbaik untuk terus mendorong roda ekonomi di sektor perdagangan termasuk pasar-pasar tradisional agar tetap berputar,” tutur Trisno Nugroho.

Diuraikan, konsep besar digitalisasi tersebut yang kemudian secara resmi akan terapkan di Pasar Banyuasri yang baru saja direvitalisasi menjadi pasar modern ini, termasuk implementasi e-retribusi, e-parking dan cara pembayaran nontunai berbasis Quick Response Indonesian Standart (QRIS) oleh BPD Bali, hingga pemanfaatan online  platform dan fasilitas kurir bekerja sama dengan Gojek.

“Inovasi layanan-layanan ini semuanya mendukung jarak sosial dan fisik karena memfasilitasi transaksi dengan tatap muka tanpa kontak fisik untuk pedagang dan transaksi tanpa tatap muka dengan QRIS TTM untuk pembeli, semua dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone,” jelasnya, sembari menambahkan, QRIS sebagai opsi pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan handal (CEMUMUAH)

Menurutnya, akselerasi implementasi QRIS di wilayah Bali sangat cepat progresnya dan masuk kedalam peringkat 7 besar Nasional, bahkan per 12 Maret 2021, hampir 200.000 merchant di Bali telah merasakan manfaat menggunakan QRIS. 

Selain higienis dan mudah digunakan, QRIS pedagang tidak perlu lagi menyiapkan uang kembalian dan bebas risiko perampokan uang palsu.  Selain itu, setiap transaksi yang dilakukan akan tercatat dalam handphone pedagang sehingga mampu digunakan untuk pengajuan kredit usaha.  Tak lupa, QRIS juga menguntungkan karena mengikuti perubahan jaman dan bebas biaya bagi usaha mikro.

Kegiatan yang dihadiri Gubernur Bali, I Wayan Koster, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Direktur Utama BPD Bali, I Nyoman Sudharma, Dirut PD Pasar Banyuasri serta OPD ini dibarengi dengan penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI) bagi khalayak. Bentuk uang kertas pecahan Rp 75.000 yang terbatas hanya dicetak dan diedarkan sekali sebagai simbol peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2020.

wartawan
Arief Wibisono
Category

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Desa Wisata di Bali Berhasil Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengumumkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan. Pada tahun 2025 ini, Kemenpar RI berkolaborasi dengan salah satu bank swasta mensertifikasi 10 desa wisata di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Hadirkan Servis Gratis Honda di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung Jelang Nataru

balitribune.co.id | Denpasar – Menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Astra Motor Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima kepada konsumen setia Honda melalui program Servis Gratis Honda. Layanan ini berlangsung mulai 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung, Denpasar.

Baca Selengkapnya icon click

PascaBanjir di Bali, Zurich Menerima Pengajuan Klaim Rp 30 Miliar Lebih

balitribune.co.id | Denpasar - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) telah menerima laporan klaim atas lebih dari 140 polis dengan estimasi total kerugian mencapai lebih dari Rp 30 miliar terkait bencana di Bali tersebut. Sebagian besar klaim berasal dari lini asuransi properti, disusul oleh lini kendaraan bermotor.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.