Desa Sidan Tawarkan Beragam Produk Wisata "Alternatif" | Bali Tribune
Diposting : 10 April 2022 19:44
ATA - Bali Tribune
Bali Tribune / FESTIVAL - Suasana Kissidan Festival di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Sabtu (9/4)

balitribune.co.id | GianyarTidak sekedar mampir, Desa Wisata Sidan,  Gianyar  dengan potensi  pilihan produk dikemas untuk menjadi tempat yang dituju dan dicari.  Karena itu, konsep one stop tour juga dilengkapi objek wisata kreasi hingga edukasi.  Hal ini diungkapkan perbekel Sidan, Made Sukra Suya, Sabtu (9/4) malam saat pembukaan Kissidan Festival.

Sukra Suyasa mengakui cukup sulit jika hanya mengandalkan objek sawah terasering yang sama dengan Tegalalang. Untuk itu, pihaknya pun telah menyiapkan produk. Dimana produk ini akan menjadi pendorong Desa Wisata Sidan harus di kunjungi. 
 
"Kita bukan jalur wisata lagi. Kalau dulu memang ramai tamu yang berlabuh di padangbai yang akan ke kintamani, tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Untuk itu kita siapkan produk agar dicari dan dituju" yakinnya.

Produk yang dimaksud yakni, metekap (membajak sawah) dan edukasi tanaman organik. "Kita memliki bank sampah yang akan mengolah sampah menjadi pupuk organik. Kemudian dipakai di puspa aman. Begitu juga padi organik dan metekapnya," terangnya. 

 
"Wisatawan tidak lagi jauh-jauh ke Jati Luwih hanya untuk metekap datang ke Sidan semua lengakap. Kemah juga bisa. Tentu harus dibarengi kerjasama dengan travel agen," imbuhnya optimis wisatawan akan ramai berkunjung.

Sementara, dalam Kissidan Festival diikuti oleh 10 UMKM yang dimeriahkan band lokal. Merupakan ajang untuk mengenalkan Kissidan Eco Hill kepada publik. “Yang ditonjolkan dalam festival adalah UMKM masyarakat Sidan. Yakni potensi desa, baik kuliner dan potensi lainnya,” jelasnya.

Kuliner yang ditonjolkan berupa nasi campur sere jele, jajan Bali, minuman ciri khas Sidan. Juga dipamerkan kerajinan Sidan. 

 
“Sekaligus memperkenalkan daerah kami. Dengan dibukanya festival ini, mudah-mudahan pariwisata di Bali yang mulai menggeliat bisa berkunjung ke Kissidan Eco Hill yang dikelola Bumdes," harapnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler