Dewan Sesalkan Pelayanan Puskesmas 1 Yangapi | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 28 April 2016 16:17
Agung Samudra - Bali Tribune
I Nengah Reken

Bangli, Bali Tribune

Anggota DPRD  Bangli, I Nengah  Reken sangat menyayangkan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas 1 di Desa Yangapi kepada masyarakat kurang profisional dan petugas terkesan cuek.  “Selama ini muncul banyak keluhan  dari masyarakat  terkait pelayanan, bahkan saya sendiri merasakan,”  kata anggota dewan dari Fraksi Golkar ini, Rabu (26/4), di ruang kerjanya.

Kata anggota Komisi III DPRD Bangli ini, pengalaman yang kurang mengenakkan didapatkan ketika  ingin mengurus  surat rujukan di Pustu Yangapi. “Istri  saya sakit dan untuk berobat  ke RS, karena mengantongi  BPJS, harus membawa rujukan dari Puskesmas,” kata Reken seraya menambahkan, ketika mendaftar di loket petugas dilihatnya terkesan cuek. Yang membuat jengkel adalah keterangan petugas yang mengatakan untuk mengurus rujukan bukan di sini tempatnya. “Bukan begitu sepatutnya seorang petugas memberikan jawaban, berikan  masyarakat penjelasan, solusi dan jalan keluar  dengan santun,” jelas Reken.

Setelah dilawan berdebat akhirnya baru petugas mau memberikan jalan keluar yakni akhirnya petugas menghubungi dokter yang selama ini  tempat kami berobat (dokter keluarga). Setelah diberikan penjelasan oleh dokter baru oleh petugas Pustu dibuatkan surat rujukan. “Kami mendesak agar Diskes memberikan semacam pelatihan kepada petugas (non medis) agar nantinya bisa lebih santun memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Reken.

Kadiskes Bangli dr I Nengah Nadi belum bisa dikonfirmasi terkait keluhan itu.

Hukum & Kriminal

Terpopuler