Earth Hour : DKPH Padamkan Lampu | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 13 April 2024
Diposting : 26 March 2018 21:02
Arief Wibisono - Bali Tribune
DKPH
Gerakan Earth Hour di DKPH, Sabtu (24/3) malam.

BALI TRIBUNE - Pelaksanaan  gerakan cinta lingkungan hidup “Earth Hour”, Sabtu (24/3) malam yang berlangsung di Discovery Kartika Plaza Hotel Kuta berjalan semarak. Saat Earth Hour berlangsung hampir seluruh lampu di hotel padam. Hanya beberapa titik yang terlihat menyala namun dengan penerangan kecil. “Para tamu dengan kesadaran sendiri mematikan lampu kamarnya. Mereka sangat mendukung gerakan cinta lingkungan ini,” jelas Executive Assistant Manager Discovery Kartika Plaza Hotel Pandu Djojoadisoeprapto disela-sela berlangsungnya perayaan Earth Hour di area The Pond Restaurant yang dihadiri ratusan karyawan serta para tamu hotel.

Pada Earth Hour yang dilaksanakan tahun ini, Discovery Kartika Plaza Hotel (DKPH) melakukan aksi pemadaman lampu selama satu setengah jam, mulai pukul 20.15 WITA– 21.45 WITA waktu setempat. Hal itu bertujuan untuk dapat memberikan penghematan energy lebih banyak dari tahun sebelumnya. “Kita sehari-hari juga melakukan upaya penghematan energy di bidang lainnya seperti dalam penggunaan gas, air serta sumber  energy lainnya,” tambah Pandu.

Gerakan Earth Hour ini awalnya diperkenalkan oleh lembaga pelindung lingkungan hidup World Wide Fund for nature (WWF) pada tahun 2007 dan saat ini sudah lebih dari 170 negara ikut serta dalam gerakan ini termasuk Indonesia. Dan DKPH telah merayakannya hingga saat ini untuk yang kelima kalinya. Momentum peringatan hari Earth Hour ini didukung oleh Artha Graha Peduli sesuai dengan pilar pertama Artha Graha Peduli, yakni pelestarian lingkungan sebagai upaya dampak pemanasan global.

Pada perayaan Earth Hour ini juga dipersembahkan tarian khas Bali seperti Sekar Jagat, Margepati, Cendrawasih dan Joged. Acara ini turut mengundang para tamu yang menginap dan jajaran karyawan serta management Discovery Kartika Plaza Hotel. Rangkaian acara dilengkapi dengan makan malam bertema “Dinner in the Dark” yang berlokasi di The Pond Restaurant, mulai pukul 19.00 WITA– 22.00 WITA

Ditanya tingkat hunian hotel, Pandu mengatakan, aat ini karena ada sejumlah event sehingga tingkat hunian hotel mencapai 99 persen. Ia memprediksi hingga akhir bulan Maret ini rata-rata tingkat hunian sekitar 65 persen. “Hunian Maret 2017 ini tak beda jauh dengan bulan yang sama tahun lalu,” jelasnya. Hal ini menurutnya menunjukkan kalau kondisi pariwisata sudah pulih dari dampak erupsi Gunung Agung. Discovery Kartika Plaza Hotel yang terletak di tepi pantai Kuta merupakan hotel bintang lima yang mewah dengan pemandangan tropis dan keindahan alam yang memikat berbaur dengan tradisi yang abadi. Berada di oasis seluas 8 hektar dengan taman tropis yang rimbun, resor ini menawarkan berbagai pilihan dari 316 kamar termasuk suites dan villa tepi pantai yang mewah, pilihan makanan yang menginspirasi, tempat pernikahan di pantai, dan tempat meeting, event yang luas, dan fasilitas rekreasi seperti Discovery Spa.