GenBI Ajak Generasi Muda Hindari HIV/AIDS dan Bijak Bersosial Media. | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 10 Juli 2020
Diposting : 8 December 2019 18:35
Arief Wibisono - Bali Tribune
Bali Tribune/Deputy Kepala BI Bali, Rizki Ernadi Wimanda.

balitribune.co.id | Denpasar - Produktivitas pemuda jadi kunci perkembangan ekonomi Bali dan Indonesia. Karya pemuda jadi kontribusi positif yang bisa merubah wajah Bali dan Indonesia.

Namun, diakui kualitas SDM masih belum optimal, hal ini ditandai dengan maraknya praktek dan mentalitas korupsi, hoaks melalui media sosial, serta ancaman jerat narkoba dan peningkatan kasus HIV/AIDS usia muda adalah tantangan nyata yang perlu diatasi. 

Mengacu pada data World Health Organization (WHO) PBB hingga bulan Juli 2019, terdapat 37,9 juta orang yang terinfeksi HIV. Di indonesia sendiri, jumlah kasus HIV yang dilaporkan dari tahun 2005 hingga dengan tahun 2019 mengalami kenaikan tiap tahunnya. 

Jumlah kumulatif kasus HIV yang dilaporkan hingga Juni 2019 terdapat 350 ribu orang yang terinfeksi HIV, dimana persentase tertinggi dilaporkan pada kelompok umur 25-49 tahun (71,1%), diikuti kelompok umur 20-24 tahun (14,4%). 

Adapun Provinsi Bali menjadi provinsi urutan keenam di Indonesia dengan jumlah kasus HIV tertinggi, dengan penderita HIV tercatat lebih dari 20 ribu orang.

"Tugas kita bersama untuk mencegah dan menyelamatkan generasi muda agar tidak terjerumus dan terpapar HIV/AIDS," kata Deputy Kepala BI Bali, Rizki Ernadi Wimanda usai membuka kegiatan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Bali bersama GenBI (Generasi Baru Indonesia) Bali menggelar Talk Show dan Diskusi Buku dengan Tema "HIV/AIDS dan Bijak Menggunakan Media Sosial" di Graha Tirta Gangga Lt.2, KPw BI Provinsi Bali JI. Letda Tantular No 4, Denpasar, Minggu (8/12/2019).

Ditambahkan, selain dengan terus meningkatkan ketrampilan dan intelektualitas, juga sangat penting bagi para pemuda generasi millenial untuk senantiasa membangun karakter dan kepribadiannya serta bisa menjadi agen perubahan dalam masyarakat.

Hanya dengan integritas, kepedulian, dan jiwa kepemimpinan yang kuat, para pemuda dapat mencari solusi dalam mengatasi berbagai tantangan, sekaligus memberi teladan bagi lingkungan dan masyarakat.

"Kami meyakini bahwa generasi muda di Bali merupakan bagian dari putra-putri terbaik bangsa dengan potensi yang luar biasa. Kami berkeyakinan, bahwa pemuda Bali sejatinya memiliki kesempatan serta kapasitas yang begitu besar untuk berkarya dan menjadi yang terbaik," pungkas Rizki Ernadi Wimanda.

Acara  Edukasi HIVI/AIDS melalui Diskusi Buku "Konsep HIVIAIDS, Seksualitas & Kesehatan Reproduksi" menghadirkan narasumber Ketua Sekretariat Komunitas Peduli AIDS Provinsi Bali, Komunitas Jurnalis Peduli AIDS, BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Bali serta sharing dari Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). 

Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan salah satu program pengembangan perpustakaan yang bertujuan untuk mendukung program kerja Bank Indonesia di bidang penelitian dan peningkatan budaya minat baca yang dirangkai dengan peringatan Hari AIDS Sedunia tanggal 1 Desember 2019 dan Hari Raya Saraswati tanggal 7 Desember 2019.

Ketua Panitia (GenBI Komisariat Undiknas) Dewa Ayu Utari Paramitha dalam kesempatan ini menyampaikan melalui edukasi ini diharapkan generasi muda Bali dapat terhindar dari hal-hal negatif, diantaranya seks bebas agar terhindar dari HIV/AIDS, menjauhi narkoba serta jadi generasi muda yang cerdas dan bijak menggunakan media sosial agar tidak juga menjadi korban dan penyebar hoaks (informasi bohong).

"Kegiatan ini untuk memperingati Hari AIDS Sedunia dan untuk mengedukasi para peserta bagaimana cara mencegah HIV/AIDS sehingga dapat mengurangi penyebaran HIV/AIDS," kata Paramitha, sekaligus menyampaikan, kegiatan ini juga mengedukasi peserta dan mengkampanyekan bagaimana cara menggunakan media sosial dengan bijak sehingga dapat terhindar dari penyebaran-penyebaran  hoaks yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain," imbuh mahasiswa Undiknas ini.

GenBl adalah Generasi Baru Indonesia, merupakan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia. Dimana  Bali terdapat tiga universitas sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia yaitu  Universitas Udayana (Unud), Universita Pendidikan Ganesha (Undiksha) dan Universitas Pendidikan Ganesha Nasional (Undiknas). 

Sementara untuk topik "Bijak Menggunakan Media Sosial" melalui diskusi buku "101 Habits di era 4.0" menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Komunikasi Dwijendra University Drs. I Wayan Kotaniartha, S.H.,M.H.,M.I.Kom.,serta Fasilitator Google Gapura Digital.

Kegiatan Talk Show dan Diskusi Buku yang diikuti hampir 300 peserta dari kalangan mahasiswa, GenBi  Bali, STT (Sekaa Taruna Teruni dan Karang Taruna se-Bali yang berlangsung hampir sehari penuh ini dipandu moderator Arief Wibisono (Bali Tribune) dan Rofiki Hasan (Kanalbali.com).