HUT ke-76 Polri, Kapolda Bali: Kami Butuh Dukungan dari Masyarakat | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 29 Februari 2024
Diposting : 5 July 2022 19:54
RAY - Bali Tribune
Bali Tribune / Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra
balitribune.co.id | DenpasarAnggota Polda Bali mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara di lapangan Puputan Renon, Denpasar, Selasa (5/7) pagi. Upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo dari Akpol Semarang itu diikuti secara daring oleh personil Polda Bali.
 
Presiden dalam sambutannya menyampaikan, di Polri di usianya ke-76 bahwa masyarakat menaruh harapan besar kepada Polri karena Polri adalah ujung tombak dalam melayani masyarakat. Setiap hari anggota Polri bertugas sehari-hari berkaitan dengan masyarakat hingga ke penjuru desa. Dirinya mewakili masyarakat Indonesia mengucapkan terimakasih atas kinerja lembaga Polri dalam menjalankan tugasnya. "Saya sudah membaca hasil survei bahwa 58.4 persen sudah sesuai visi PRESISI. Namun sisanya masyarakat belum puas. Saya juga mengikuti langsung informasi dari berbagai media masa tentang Polri. Hati-hati dalam bertugas. Bekerjalah dengan hati - hati. Dan bekerjalah sesuai PRESISI," ujar Jokowi.
 
Menurut Jokowi, ada beberapa tantangan Polri kedepan, pertama kasus pandemi Covid perlu penangan serius. Kedua mewaspadai terhadap ancaman krisis Global. Oleh sebab itu Polri harus lebih siap untuk memberikan bantuan Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat. "Kemudian, tantangan selanjutnya yaitu, tantangan teknologi yang bisa disalahgunakan oleh kriminalitas. Oleh sebab itu Polri diminta untuk merevitalisasi dan mengadaptasi dan bertransformasi peralatan teknologi dengan cepat," imbuhnya.
 
Saat ini negara perlu dukungan Polri dalam menyukseskan beberapa agenda kedepan, seperti rencana pembangunan Ibu Kota negara untuk menyiapkan infrastruktur seperti jalan, lalu lintas dan pendukung lainnya. Kemudian agenda G20 yang akan dihadiri oleh perwakilan seluruh negara. Presiden meminta Polri untuk terus mengawal  hingga sukses dan puncaknya pada KTT G20 yang akan berlangsung di Bali November mendatang. "Agenda Pesta Demokrasi di 2024. Berikan dukungan Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat sehingga pesta demokrasi berjalan dengan baik," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.
 
Jokowi juga menegaskan, guna menghadapi berbagai tantangan, Polri diminta untuk menerapkan prinsip PRESISI dalam menjalankan tugasnya. Jokowi berpesan kehadiran Polri dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. "Kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh masyarakat. Harus Humanis, menjunjung tinggi HAM, namun tegas tetap harus dilakukan," ujarnya.
 
Sementara Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mengatakan, kekurangan - kekurangan yang dilakukan polisi selama ini, pihaknya akan melalukan evaluasi dan akan memperbaiki diri. Untuk itu, jenderal bintang dua ini minta dukungan dari masyarakat. "Kami butuh dukungan dari masyarakat. Kami tidak bisa bekerja sendiri," ujarnya.