Juara MotoGP, Hadiah Terindah di 100 Tahun Suzuki | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 25 November 2020
Diposting : 18 November 2020 05:29
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
Bali Tribune/ Tim Suzuki Ecstar merayakan kemenangan MotoGp.
Balitribune.co.id | GELAR Juara Dunia MotoGP musim 2020 telah berhasil dikunci dan direbut oleh Joan Mir di klasemen pebalap dan Team Suzuki Ecstar di klasemen tim, setelah meyelesaikan putaran balap Valencia GP di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol (15/11/2020).
 
Kebahagiaan tak terhingga dirasakan seluruh tim dan fans Suzuki di seluruh Dunia, sebab gelar bergengsi tersebut berhasil diraih setelah dinantikan selama 20 tahun sejak kemenangan terakhir di tahun 2000. Prestasi gemilang tersebut sekaligus menjadi hadiah terindah di hari ulang tahun ke-100 Suzuki di Dunia.
 
Balapan terakhir tahun ini, Valencia GP, merupakan peristiwa menegangkan bagi Team Suzuki Ecstar saat Joan Mir menghadapi match point pertama musim ini. Namun, Mallorcan muda menjalani balapan yang sangat terukur dan cerdas, melakukan cukup banyak strategi untuk mengambil mahkota Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 dengan gaya dalam sisa satu putaran.
 
Memulai balapan 27 lap dari posisi 12 dan 14 di grid, Joan Mir dan Alex Rins tahu akan sulit untuk mengulang hasil 1-2 seperti yang mereka raih seminggu sebelumnya di Ricardo Tormo. Namun, kedua pebalap solid mulai mendapatkan tempat berguna di lap awal.
 
Sementara Rins mulai mengejar tim pemimpin, Mir bermain aman dan memastikan dia memiliki ban yang cukup panas sebelum mengambil alih posisi di depannya. Rins berhasil mencapai tempat kelima yang layak pada Lap 11, dan Mir naik ke delapan setelah satu putaran kemudian.
 
Dengan hanya beberapa lap tersisa, Rins telah menyesuaikan diri dengan ritme yang kuat dan dia menjaga agar para pesaingnya menjauh. Dia menempati posisi keempat yang kuat untuk menjaga dirinya dalam perburuan posisi kedua di Klasemen Kejuaraan, secara bersamaan membantu Tim Suzuki Ecstar mengamankan Kejuaraan Tim 2020.
 
Sadar akan apa yang harus dilakukan untuk merebut mahkota yang didambakan, Mir mengambil pendekatan yang tenang dan cerdas untuk balapan, menjaga ketenangannya dalam situasi tekanan tinggi dan menghindari risiko yang tidak perlu.
 
Dia menyelesaikan Valencia GP di tempat ketujuh, tetapi yang terpenting memiliki selisih 29 poin di klasemen, yang berarti dia dipastikan sebagai Juara Dunia MotoGP 2020, pencapaian luar biasa hanya di musim keduanya di kelas MotoGP, dan hari yang penting bagi Suzuki. yang memenangkan gelar pertama mereka selama 20 tahun sekaligus merayakan ulang tahun ke-100 di Dunia dan 60 tahun di balapan.