Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Mahasiswa Politeknik Pariwisata Bali Ciptakan Sistem Informasi POST Berbasis Web

Bali Tribune / APLIKASI - Seminar Hasil Aplikasi Manajemen Akuntansi Hospitaliti Kelas B di Kampus Politeknik Pariwisata Bali, Jumat (1/4).
 
balitribune.co.id | Denpasar - Inovasi positif dilakukan mahasiswa Manajemen Akuntansi Hospitaliti B 2018 Politeknik Pariwisata Bali. Mahasiswa berjumlah 28 orang itu membuat terobosan kreatif penyusunan sistem informasi akuntansi Point Of Sales for Transactions (POST) berbasis web di Desa Wisata Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar.
 
Kordinator Program Studi Management Akuntansi Hospitaliti, I Dewa Ayu Rai Sumariati, SE, MSi menjelaskan, dipilihnya Desa Taro dari sekian Desa wisata yang ada di Bali karena pihak Politeknik Pariwisata Bali sudah ada MoU dengan pihak pengelola Desa wisata Tora. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan mahasiswanya, ditemukan beberapa kendala yang masih dialami Desa wisata Taro, terkhusus pada bidang akuntansi seperti pencatatan yang dilakukan masih manual dan belum sesuai standar akuntansi yang berlaku.
 
"Selain kita sudah ada MoU, dipilihnya Desa Taro karena sesuai dengan kebutuhan. Sistem pengelolaan masih menggunakan yang sederhana. Harapan kami, dengan menggunakan sistem informasi ini lebih akuntabel dan transparan," ungkapnya dalam Seminar Hasil Aplikasi Manajemen Akuntansi Hospitaliti Kelas B di Kampus Politeknik Pariwisata Bali, Jumat (1/4).
 
Ketua Aplikasi Management MAH B sekaligus sebagai perwakilan mahasiswa MAH B 2018 I Putu Ari Darma Putra mengatakan, Desa wisata Taro merupakan salah satu Desa wisata di Bali yang terletak di Kabupaten Gianyar. Desa Taro telah dinobatkan sebagai Desa wisata sesuai SK Bupati Gianyar Nomor; 429 tahun 2017 tentang “Penetapan Desa Wisata di Kabupaten Gianyar".
Namun berdasarkan hasil dari survey yang dilakukan, pihaknya menemukan beberapa kendala yang masih dialami oleh Desa wisata Taro terkhusus pada bidang akuntansi seperti pencatatan yang dilakukan masih manual, kurang efisien, masih adanya rentan kecurangan antara pihak Desa wisata dengan masing-masing rekanan usaha, dan kurangnya transparan antar rekanan usaha terhadap pihak Desa wisata.
 
"Berdasarkan hasil observasi yang kami dapatkan adapun beberapa hal yang telah kami rancang sebagai solusinya, seperti merancang sistem informasi akuntansi berbasis web dimana pada sistem tersebut nantinya dapat memudahkan Desa wisata Taro dalam melakukan pengecekan transaksi pendapatan. Selain sistem akuntansi berbasis web, kami juga telah membuat beberapa jenis bukti transaksi pendukung yang nantinya akan menunjang proses pencatatan pendapatan yang terjadi," ungkapnya.
 
Pengelola Desa Wisata Taro, I Wayan Gede Ardika, SE menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak kampus Politeknik Pariwisata Bali dan mengapresiasi mahasiswa program studi manajemen akuntasi hospitaliti yang telah membuat terobosan yang sangat positif bagi Desa Wisata Taro dalam manajemen pengelolaan keuangan. "Kami sangat mengapresiasi sekali karena memang ini sesuai dengan kebutuhan kami. Nilai plusnya supaya lebih transparan dalam pendapatan Desa dan antara pihak pengelolah dengan para pelaku usaha yang ada di dalam Desa wisata Taro," katanya.
 
Direktur Politeknik Pariwisata Bali Drs Ida Bagus Putu Puja, M Kes yang diwakili Wakil Direktur 2, I Wayan Tuwi, SE, MSi mengatakan, ini merupakan proses belajar berkelanjutan. Para mahasiswanya menciptakan sistem informasi akuntansi POST berbasis web di Desa wisata Taro, Kabupaten Gianyar diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengelola. "Sangat membanggakan untuk penataan destinasi. Harapan kedepannya untuk kontribusi jangka panjang. Sistem ini baru langkah awal dan kurang akan dilakukan sosialisasi dan nanti akan dilanjutkan atau disempurnakan oleh adik semester mereka. Karena program ini akan berkelanjutan. Dan ini tidak akan berhenti disini saja, tetapi akan diberikan pemahaman baru pelatihan," ujarnya. 
wartawan
RAY
Category

Endang Hastuty Bunga, S.H.: Kasus Kompol Cosmas Harus Dipandang Sebagai Insiden Tidak Disengaja

balitribune.co.id | Denpasar - Aktivis perempuan dan anak Bali yang juga pengacara sekaligus Ketua Tunas Himpunan Advokat Muda Indonesia (DPD Bali), Endang Hastuty Bunga, S.H., menyatakan dukungan penuh terhadap petisi yang menolak keputusan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap Kompol Cosmas melalui sidang kode etik Polri.

Baca Selengkapnya icon click

Siap-Siap Modifikator! Astra Motor Bali Resmi Buka Pendaftaran Honda Modif Contest 2025

balitribune.co.id | Denpasar – Astra Motor Bali didukung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menghangatkan dunia modifikasi melalui ajang kompetisi modifikasi sepeda motor terbesar di Indonesia, Honda Modif Contest (HMC) 2025. Hadir lebih dari satu dekade, HMC menjadi wadah prestisius bagi para modifikator, khususnya di Bali, untuk menyalurkan ide dan karya kreatifnya pada sepeda motor Honda.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Urgensi Perda Alih Fungsi Lahan, Siap Tumbangkan Modus WNA

balitribune.co.id | Bayangkan, di brosur pariwisata Bali masih ada gambar sawah hijau menghampar. Tapi kenyataan di lapangan? Banyak yang sudah berubah jadi villa kaca, kafe organik, atau yoga studio tempat bule-bule menekuk badan. Ironisnya, kalau dibiarkan terus, jangan-jangan turis datang ke Bali nanti cuma buat makan salad impor sambil lihat sawah di screensaver laptop.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Delegasi Iran Apresiasi Pengamanan SO Polda Bali

balitribune.co.id | Sanur - Mr. Ayoobi Hojattolah Chadir merupakan Wakil Menteri Kebudayaan Iran salah satu peserta Event Chandi Summit yang berlangsung di The Meru Sanur Denpasar mulai tanggal 2 s/d 5 september 2025.

Mr. Ayoobi memberikan apresiasi terhadap Tim pengamanan dan pengawalan yang diberikan oleh para personil Polda Bali saat berada di Bali untuk mengikuti Even Chandi Summit 2025.

Baca Selengkapnya icon click

Hari Pelanggan Nasional 2025, Direksi BRI Sapa Nasabah di Beberapa Daerah

balitribune.co.id | Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2025 sebagai wujud apresiasi kepada nasabah atas kepercayaan serta loyalitas yang telah diberikan kepada BRI. Perayaan ini menjadi momentum untuk menegaskan kembali komitmen BRI dalam menghadirkan layanan keuangan yang mampu menjawab kebutuhan nasabah.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.