Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

PDAM Badung Klaim Mampu Layani 72 Ribu Pelanggannya

PDAM
Ilusrtrasi Pipa PDAM.

BALI TRIBUNE - PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung memiliki 72 ribu pelanggan sampai akhir tahun 2017. Nah, untuk memenuhi kebutuhan air para pelanggan ini pihak perusahaan plat merah Badung ini harus berjibaku menyediakan suplai air dan jaringan utilitas. Terlebih selama ini jaringan utilitas PDAM kerap terganggu oleh adanya pembangunan infrastruktur jalan.


Menyikapi hal ini, Ketut Golak selaku Dirut PDAM Tirta Mangutama Badung mengaku rutin melakukan pengecekan sehingga suplai air lancar sampai ke pelanggan. Diakui selama ini pelayanan air bersih yang sering bermasalah adalah di wilayah Badung selatan.


“Untuk memberi pelayanan prima, rutin kita melakukan pemantauan jaringan,” ujar Golak, Senin (19/2), disela-se;a melakukan pengecekan jaringan di Estuary Dam.


Pria asal Desa Sobangan, Mengwi ini mengklaim saat ini produksi air untuk pelanggan PDAM telah tercukupi. Ketercukupan distribusi air, diakuinya setelah dilakukan perbaikan dari hulu ke hilir, melaui pembenahan-pembenahan jaringan.


“Sumber air di Estuari Dam mencapai 500 liter perdetik, pipi-pipa jaringan menuju ke selatan telah terpenuhi, sehingga kebutuhan air terpenuhi,” jelasnya.


Golak mengaku akan terus mengoptimalkan pelayanan sehingga bisa meminimais keluhan. Ia mengakui saat ini saingan PDAM adalah maraknya pengusaha yang sudah beralih menggunakan penyulingan air laut sebagai air bersih. “Walaupun sekarang marak yang memanfaatkan air laut menjadi air tawar, tapi kita tidak akan melakukan itu dulu,” kata Golak.
Pihaknya mengaku lebih memilih mengoptimalkan air permukaan. “Penggunaan air laut yang berlebihan bisa menimbulkan intrusi air asin ke air tawar. Itu dapat mengkontaminasi sumber air minum,” jelasnya.


Namun demikian, pihaknya tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti ikut mengolah air laut. “Itu pilihan terakhir (pemandaatan air laut-red), tapi sekarang kami tetap mengoptimalkan air permukaan,” tegas mantan Dirut PD Pasar Badung ini sembari mengimbuhkan bahwa  selain ketercukupan air, dengan pemanfaatan air permukaan pihaknya juga terdapat peningkatan laba yang ditahun 2017 yakni mencapai Rp35 miliar dari target yang dicanangkan sebesar Rp30 miliar. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan laba bersih ditahun 2016 yang mencapai Rp28 miliar.


Disinggung soal pelanggan baru? Ketut Golak menyebut saat ini sudah ada 140 daftar tunggu untuk pelanggan PDAM. Saat ini calon pelanggan ini tengah diupayakan untuk mendapat jaringan.

wartawan
I Made Darna
Category

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Desa Wisata di Bali Berhasil Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengumumkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan. Pada tahun 2025 ini, Kemenpar RI berkolaborasi dengan salah satu bank swasta mensertifikasi 10 desa wisata di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Hadirkan Servis Gratis Honda di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung Jelang Nataru

balitribune.co.id | Denpasar – Menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Astra Motor Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima kepada konsumen setia Honda melalui program Servis Gratis Honda. Layanan ini berlangsung mulai 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung, Denpasar.

Baca Selengkapnya icon click

PascaBanjir di Bali, Zurich Menerima Pengajuan Klaim Rp 30 Miliar Lebih

balitribune.co.id | Denpasar - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) telah menerima laporan klaim atas lebih dari 140 polis dengan estimasi total kerugian mencapai lebih dari Rp 30 miliar terkait bencana di Bali tersebut. Sebagian besar klaim berasal dari lini asuransi properti, disusul oleh lini kendaraan bermotor.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.