Pengaduan Konsumen BPR Lestari, OJK Fasilitasi Pertemuan Nasabah dengan LK | Bali Tribune
Diposting : 16 January 2022 03:59
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / Otoritas Jasa Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Undang Undang No.21 Tahun 2011 menyatakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga negara yang memiliki kewenangan mengatur dan mengawasi industri jasa keuangan serta perlindungan konsumennya. Adapun industri jasa keuangan yang diawasi oleh OJK meliputi Perbankan, Industri Keuangan Non Bank, dan Pasar Modal.

Berkenaan dengan pemberitaan mengenai pengaduan dan keluhan konsumen terhadap layanan serta produk lembaga keuangan termasuk kepada  PT BPR Lestari, OJK Kantor Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara telah melakukan tindak lanjut  dan memfasilitasi pertemuan antara nasabah dengan lembaga keuangan. Selain itu, juga telah meminta Pemegang Saham Pengendali (PSP) dan Pengurus BPR Lestari untuk segera merespon pengaduan konsumen tersebut dengan mengutamakan penyelesaian sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam hal belum diperoleh kesepakan, konsumen dapat menempuh upaya penyelesaian melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) atau melalui proses peradilan.

Terkait kinerja BPR di Bali, Posisi November 2021 menunjukkan perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya meskipun masih tetap mencermati dampak pandemic covid-19. Aset BPR se Bali sebesar Rp18,17 Triliun meningkat 4,85% dibandingkan tahun sebelumnya. Kredit dan DPK juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 2,05% (yoy) dan 12,76% (yoy).

Atas kinerja tersebut, masyarakat diharapkaan tetap tenang dan tidak perlu khawatir terhadap dana yang disimpan di BPR, karena dana dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).  

Konsumen dapat melakukan pengaduan terhadap produk dan layanan seluruh industri jasa keuangan yang berada di bawah pengawasan OJK secara online melalui kontak157.ojk.go.id.