balitribune.co.id | Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing. Satu jargon badan bahasa yang selalu menempatkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang utama tetapi tanpa melupakan identitas sebagai pewarisan budaya melalui Bahasa ibu/B1 (Bahasa daerah Bali).
Fenomena hidup dalam peradaban kesejagatan yang semua orang dituntut harus menguasai dan menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi agar terlihat sebagai manusia modern atau mendunia. Fenomena ini terkadang memarginalkan Bahasa ibu (B1) sebagai media pewarisan Bahasa ibu atau Bahasa Bali bagi orang Bali. Ini merupakan ‘wabah baru’ bagi masyarakat Indonesia (khususnya Bali) karena pada akhirnya hanya akan terlahir generasi muda yang ‘gagap’ akan bahasa ibunya dan kelak menjadi rahim yang prestise bagi anak-anaknya karena mendahulukan bahasa inggris dibandingkan bahasa ibu.
Nyaris orang Bali bisa berbahasa inggris tapi gagap berbahasa Bali, ironis. Padahal Bahasa ibu (B1) atau Bahasa Bali merupakan Bahasa yang diperoleh yang pertama di keluarga sebelum proses pembelajaran Bahasa kedua (B2) di sekolah. Pergeseran telah terjadi demi prestise terkadang di keluarga B1 atau Bahasa pertamanya langsung diajarkan Bahasa Indonesia sehingga anak nantinya tidak mengenal Bahasa Bali di daerahnya sendiri, sungguh miris dan memprihatinkan. Belajar Bahasa adalah sekaligus belajar tentang budayanya artinya ketika memperoleh Bahasa ibu berarti sekaligus diperkenalkan tentang budaya. Dengan demikian jika belajar tentang Bahasa Bali berarti belajar tentang budaya Bali dengan segala tradisi.
Setiap manusia mengucap kata pertama yang diperoleh dari ibunya dengan menggunakan bahasa ibu, yakni bahasa asli dari keluarga, yang nantinya digunakan sebagai alat komunikasi di keluarga lanjut sebagai kehidupan sosial. Orang Bali mestinya mengucap kata pertamanya mesti dengan menggunakan Bahasa Bali sebagai Bahasa ibu orang Bali. Bahasa ibu orang Bali penuh dengan keadaban karakter karena pada Bahasa Bali ada sor singgih berhasa sebagai bentuk pemeodalan bahasa agar terukur nilai-nilai karakter dan budaya orang Bali.
Bahasa ini merupakan warisan budaya yang harus dijaga eksistensinya agar tetap menjadi jantung yang menghidupkan identitas masyarakat. Eksistensi Bahasa ibu jelas sebagai identitas masyarakat Bali dan jangan merasa orang Bali jika tidak bisa berbahasa Bali. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, kita memerlukan ruang strategis yang tepat agar pemahaman tentang pentingnya bahasa ibu (Bahasa Bali) dapat dipahami oleh masyarakat Bali.
Oleh karena itu, melalui pendidikan keluarga adalah hal yang vital untuk menjaga keberlangsungan bahasa ibu (Bahasa Bali) tersebut. Permerolehan Bahasa ibu (Bahasa Bali) harus diperoleh dari keluarga dan keluarga harus menyadari pentingnya Bahasa ibu sebagai bentuk pewarisan budaya Bali melalui penguasaan Bahasa ibu/daerah. Jangan tinggalkan Bahasa ibu hanya ingin dicap sebagai keluarga modern dan berprestise.
Pendidikan keluarga adalah proses pembelajaran yang berlangsung di dalam keluarga, terutama dari orang tua mencakup pengajaran nilai-nilai budaya, norma dan etika melalui Bahasa ibu yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan keluarga dianggap paling efektif untuk menjaga keberlangsungan bahasa daerah karena sejatinya orangtua adalah pendidik pertama dan utama yang memiliki lebih banyak memiliki waktu untuk berinteraksi sehingga mampu mengembangkan jiwa anak dan juga perkembangan peradaban karakter melalui berbahasa.
Tutur bahasa ibu di rumah adalah salah satu cara untuk mempertahankan identitas kebudayaan seseorang. Yang mana orangtua bertugas untuk menanamkan pemahaman bahwa bahasa ibu adalah bahasa yang perlu dilestarikan dengan menciptakan suasana sebagai penutur (native speaker) di rumah dan jangan sampai terjadi Bahasa Bali kehilangan penutur di daerahnya sendiri. Dalam berkomunikasi sehari-hari orang tua membuat jalinan persahabatan antara anak dan bahasa ibu dengan mengenalkan kosakata baru yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengokohkan bahasa ibu agar semakin kental sekiranya media interaktif seperti televisi, radio atau buku-buku bacaan adalah jalan yang tepat untuk membantu anak dalam memahami penggunaan kosakata lebih luas dalam bahasa ibu.
Kamus Bahasa Bali tentu sangat penting untuk menunjang pembendaharaan kosakata dalam berbahasa ibu (berbahasa Bali). Keluarga sebenarnya sebagai “Perpustakaan bagi Anak-Anak untuk Bertanya Tentang Dunia dan Menemukan Jawabannya. Dalam pendidikan keluarga orangtualah yang menjadi perpustakaan bagi anak-anaknya. Sehingga ketika orangtua bercerita sebagai sarana pengenalan bahasa ibu akan memungkinkan anak-anak untuk bertanya tentang asal-usul kata dalam bahasa ibu dan memunculkan jawabannya dalam ruang diskusi. Dengan begitu, anak-anak dapat mengetahui dan memahami latar belakang bahasa ibu sehingga memunculkan ketertarikan untuk melestarikannya.
Sebagai pewarisan Bahasa ibu sebagai peranti pelestarian budaya daerah tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Tidak ada salahnya orangtua mengajarkan dan melibatkan anak-anak dalam kegiatan budaya seperti upacara adat, pertunjukan seni, atau kegiatan keagamaan lainnya. Karena pada akhirnya dalam pelaksanaan kegiataan tersebut akan meningkatkan kesadaran dan rasa bangga terhadap bahasa ibu. Kegiatan seperti ini mengajarkan anak untuk menghargai dan memahami arti dari bahasa ibu sebagai bahasa yang unik dan penting untuk kebertahanan adat dan budaya daerah.
Dengan mewujudkan kesadaran pewarisan bahasa ibu melalui pendidikan keluarga, keberlangsungan bahasa ibu terjaga dan hidup dalam masyarakat. Bahasa ibu yang dipelajari sejak usia dini akan menjadi warisan dan identitas dalam kehidupan masyarakat yang akan diwariskan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu, orangtua perlu memperbaiki penggunaan bahasa ibu di dalam keluarga dan menyadarkan anak-anak akan pentingnya bahasa ibu sebagai sarana pelengkap identitas budaya.
Biarkan generasi nusantara bergirang dalam pesta modernisasi tapi jangan lupa membingkai diri dengan peradaban budaya nusantara yang penuh niali-nilai karakter bangsa. Berpikir kesejagatan perilaku mencerminkan kearifan lokal.