PKB Ke-39, Denpasar Tunjukkan Potensi Lokal | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Oktober 2020
Diposting : 12 June 2017 19:10
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
PKB
PARADE PKB - Penampilan Parade Pembukaan PKB Ke-39 Duta Kota Denpasar di Areal Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi Renon, Sabtu (10/6).

BALI TRIBUNE - Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-39 Tahun ini dengan berbagai garapan kesenian ditampilkan sembilan kabupaten/kota dalam pagelaran parade pembukaan di Areal Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi Renon, Sabtu (10/6). PKB dibuka secara resmi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo bersama Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Duta seni Kota Denpasar dalam parade pembukaan dalam kemasan garapan tari dan tabuh menunjukan potensi lokal yang ada di tengah-tengah masyarakat Kota Denpasar. Penampilan duta kesenian Kota Denpasar melibatkan ratusan seniman yang tampak disaksikan langsung Wakil Walikota I GN Jaya Negara didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara dan para budayawan Kota Denpasar.

Tema Revitalisasi Segara (laut) menjadi garapan parade duta Kota Denpasar yang bermakna menjaga kelestarian laut berserta isinya. Diperkuat 550 seniman mengawali penampilannya dengan membawa Lambang Daerah Kota Denpasar, Uparengga atau hiasan disusul barisan teruna teruni berbusana endek khas Kota Denpasar yang diiringi gambelan “Gong Suling”.

Selanjutnya disusul Tari Baris khas Kota Denpasar, gebogan kreasi janur, dirangkaikan dengan bunga bertuliskan Denpasar diusung ibu - ibu PKK Kelurahn Penatih, Kecamatan Denpasar Timur yang diiringi musik Semara Pegulingan. Pada bagian pertengahan ditampilkan tiga karya seni unggulan yakni Tari Tenggek, Tari Gambuh dan mejangeran serta tradisi Omed-omedan yang merupakan tradisi asli Desa Sesetan.

“Duta seni Kota Denpasar dibawah binaan para seniman Kota Denpasar menampilkan beragam potensi lokal yang ada, serta garapan seni tari dan tabuh,” ujar Jaya Negara usai menyaksikan penampilan duta Denpasar.

Dari penampilan ini, Jaya Negara mengharapkan masyarakat luas serta para tamu undangan yang hadir baik tingkat nasional hingga mancanegara dapat mengetahui potensi-potensi lokal masyarakat Denpasar. Tidak hanya seni tari dan tabuh namun juga ditampilkan tradisi Omed-Omedan, potensi wisata bahari di Pulau Serangan, serta mempetunjukan karya seni inovasi Pura Sakenan.

Sementara Plt Kadis Kebudayaan Kota Denpasar Ni Nyoman Sujati mengatakan, garapan Duta seni Kota Denpasar pada pawai pembukaan PKB ke-39 ini dibawakan seniman dan sekaa kesenian Desa Pakraman Penatih dan Desa Sesetan . “Seluruh garapan ini dibina para seniman Kota Denpasar diantaranya Ketut Suandita dan I Gede Arsana di bawah koordinasi Dinas Kebudayaan Kota Denpasar,” ujarnya.