PKK Aktif, Jadikan Banjar Peneca Bebas Plastik | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 05 Desember 2021
Diposting : 14 December 2020 20:06
I Nyoman Astana - Bali Tribune
Bali Tribune / PKK Banjar Peneca mengumpulkan sampah dan membebaskan lingkungan dari sampah plastk

balitribune.co.id | Gianyar - Ketika banjar-banjar atau desa lain sedang intens  mendengungkan kegiatan pengurangan sampah plastik, Banjar  Paneca, Desa Melinggih Kelod, Payangan, malah sudah menyandang Banjar yang terbebas Sampah Plastik.  Hal ini terwujud berkat konsistensi PKK setempat yang terus menggerakkan semua komponen masyarakat untuk membersihkan dan menjaga lingkungan banjarnya agar terbebas dari sampah plastik.

Sekdis DLH Gianyar, I Wayan Sudiana, Senin (14/12) membenrkan jika  jika banjar yang dihuni 215 kepala keluarga (KK) tersebut bebas dari sampah plastik.  Disebutkan, jika PKK Banjar Paneca menjadi salah satu contoh PKK yang memiliki gebrakan dalam menjaga lingkungan. Dimana, PKK Paneca bersama Kader Posyandu dan Kader Jumantik  sangat konsisten melakukan kegiatan pemungutan sampah ke rumah-rumah warga. "Kegiatannya  disebut Kedasih (kedas lan asih), yakni bersih dan sayang lingkungan serta terbebas dari  sampah plastik," ujarnya.

Sudiana yang terlibat dalam kegiatan, Hari minggu lalu  mengatakan, sampah yang terkumpul dari kegiatan ini mencapai 1 ton rumah tangga. Dimana sebelumnya, sampah-sampah rumah tangga ini, dibuang oleh warga di lahan belakang rumahnya. " Pda kesempatan ini, kami juga sosialisasikan   bahaya sampah plasik,” terangnya.

Lanjutnya, pihaknya pun akan terus mengedukasi masyarakat setempat supaya memilah sampahnya. Dan, memberikan pemahaman, jika ingin mendapatkan suasana bersih, masyararakat harus telah mengolah sampahnya dari hulu atau rumah tangga. " Banjar Paneca sekarang  bersih dari sampah plastik," bangganya.

Secara terpisah, Kepala DLH Gianyar, Wayan Kujus Pawitra berharap gerakan PKK Paneca bisa dicontoh oleh PKK lainnya di Kabupaten Gianyar, mengingat saat ini Gianyar tengah melakukan berbagai pembenahan secara massif dari segi infrastruktur. Karena itu, peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan sangat dibutuhkan. "selaian Pemerintah, Masyarakat juga memiliki peran sentral dalam mewujudkan hal ini," terangnya singkat.