Saingi Sedana Arta Muncul Skenario KBS | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 05 Februari 2023
Diposting : 21 June 2019 23:30
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ I Wayan Wirya dan I Made Subrata
balitribune.co.id | Bangli - Dinamika poltik menjelang Pilkada di Kabupaten Bangli  mulai menghangat. Sebelumnya sempat mengemuka nama-nama atau figur yang dijagokan akan meramaikan bursa calon bupati dan wakil bupati. Justru  belakangan ini arahnya lebih mengkrucut lagi yakni  tidak lepas dari isu kewilayahan. Bahkan kini  muncul  skenario KBS “Kintamani Bangli  Satu”. KBS disebut-sebut bakal menyaingi Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta yang sudah dipastikan bakal maju dalam Pilkada Bangli.
 
Munculnya KBS  tidak ditampik oleh mantan Ketua PAC Susut I Nengah  Sumiarta. Pria yang akrab dipanggil  Nengah Riem ini, Kamis (20/6), mengatakan dari  informasi yang didapat  dan  beberapa kali turun ke lapangan, ternyata  fanatisme kewilayahan, khususnya di Kecamatan Kintamani  masih sangat kental aromanya. 
 
Menurut Riem, muncul KBS  dianggapnya  sangat realities, dimana  dengan latar pemilih paling besar dibandingkan dengan  tiga kecamatan lainya yakni Tembuku, Susut dan Bangli  adalah  hal yang sangat  wajar. Untuk itu  DPP PDIP dalam hal pengambilan keputusan terkait  calon yang diusung dalam Pilkada nanti  maka perlu melakukan kajian  yang matang.
 
Sementar disinggung  nama-nama yang  layak diperhitungkan, kata  Nengah Riem menyebut nama I Made Subrata dan I Wayan  Wirya. Untuk I Made Subrata kapasitsanya sebagai perbekel desa Bunutin sudah teruji. Disamping itu I Made Subrata memiliki  hubungan emosional yang sangat erat dengan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. “Perlu di tekanknan disini, raihan suara PDIP Bangli  yang sangat fantastis  pada Pileg kemarin tidak lepas pula dari dukungan  I Nyoman Giri Prsata,” ungkapnya. Bahkan yang tidak  bisa dipandang sebelah mata  yakni  I Made Subrata adalah adik dari Bupati  Bangli I Made Gianyar.
 
Sementara untuk I Wayan Wirya menurutnya dialah calon Legeslatif dari PDIP yang raihan suaranya paling tinggi  yakni meraih  5 471 suara.  Selain iti I Wayan Wirya  sebelum duduk sebagai  anggota DPRD Bangli  sejak tahun 2014 sempat menjabat sebagai Perbekel Desa Serai, Kecamatan Kintamani. “Baik I Made Subrata maupun I Wayan Wirya  sudah benar-benar teruji,” ungkapnya.
 
Disisi lain, banyak tokoh-tokoh asal Kintamani yang cukup menarik perhatian, seperti I Wayan Gunawan (Golkar), I Nyoman Sarya dari Desa Serai, Kecamatan Kintamani, yang kini menjabat vice president (PV) Of Operations Singasana Hotels and Resort dan sempat menjabat GM The Sultan Hotel Jakarta, I Ketut Mardjana yang merupakan pemilik Toya Devasya.