Sambut Musim Libur Nataru, BPTD Satpel Padang Bai Lakukan Ramp Check Kapal Ferry | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Februari 2024
Diposting : 11 December 2023 02:44
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune / RAMP CHEK - Sambut musim libur Nataru BPTD Padang Bai lakukan Ramp Chek Kapal Ferry.

balitribune.co.id | Amlapura - Menyongsong musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)  Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Satpel Padang Bai, melaksanakan Ramp Check atau pemeriksaan menyeluruh terhadap armada Kapal Ferry yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar, Lombok.

Ramp Check dilaksanakan saat Kapal Ferry tiba dan sandar di dermaga pelabuhan. Begitu selesai bongkaran, sejumlah petugas dari BPTD Padang Bai langsung naik keatas kapal untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh di kapal tersebut.   

Kepala BPTD Satpel Padang Bai, I Nyoman Sastrawan, kepada Bali Tribune, Minggu (10/12/2023), mengatakan, Ramp Check atau uji petik ini dilakukan di dua pelabuhan, yakni di Padang Bai dan Pelabuhan  Lembar. Untuk memaksimalkan kegiatan uji petik tersebut pemeriksaan dibagi dua, yakni BPTD Lembar melakuka Ramp Chek sebanyak 12 kapal sementara BPTD Padang Bai melakukan pemeriksaan sebanyak 12 kapal. “Ramp Check ini dilaksanakan sesuai dengan surat perintah dari Direktorat DSDP dan perintah dari Balai Wilayah XII Bali dan NTB, kami melakukan SPM melalui Ramp Check sesuai dengan prosedur yang ada,” tegasnya.

Ini dilakukan berkaitan dengan persiapan menyambut musim libur Natal dan Tahun Baru,  dimana untuk pemeriksaan atau Ramp Check ini dilakukan secara detail dimulai dari kabin atau dek kendaraan untuk mengecek alat pemadam kebakaran, seperti Nozle serta Springkle. Untuk pemeriksaan alat pemadam ini, BPTD meminta ABK menghidupkan Springkle guna memastikan alat tersebut berfungsi atau tidak.

Pemeriksaan juga dilakukan di ruang mesin guna memastikan Mantainance mesin kapal tersebut dilakukan dengan baik sesuai dokumen, dilanjutkan di ruang penumpang dengan obyek pemeriksaannya yakni alat kesematan penumpang seperti Life Jacket, Life Raft dan fasilitas keamanan dan kenyamanan penumpang lainnya. “Ramp Check ini dilakukan untuk memastikan semua armada kapal yang beroperasi melayani penyeberangan Padang Bai- Lembar dalam kondisi baik dan Laik Operasi saat terjadi lonjakan arus oenyeberangan pada musim libur Natal dan Tahun Baru mendatang,” lontarnya.

Diperkirakan arus penyerangan di Pelabuhan Padang Bai akan terjadi mulai Tanggal 15 Desember 2023 mendatang hingga tiga hari pasca Tahun Baru 2024.