Simak Manfaat Baju Olahraga untuk Workout | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 27 Januari 2023
Diposting : 18 December 2022 12:16
RED - Bali Tribune
Bali Tribune / Picture by John Arano, Unsplash, https://unsplash.com/photos/h4i9G-de7Po (ist)

balitribune.co.id | Sudahkah Anda rutin melakukan olahraga di sela-sela kesibukan Anda? Olahraga yang merupakan aktivitas fisik yang biasanya dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik seseorang sambil memberikan hiburan bagi pemain ataupun penontonnya. Olahraga sendiri merupakan aktivitas yang memang sengaja dilakukan mulai dari arah, tujuan, waktu, hingga lokasinya. Olahraga juga bisa dilakukan baik oleh individu maupun beregu. Olahraga yang bersifat regu biasanya memiliki tata aturan tersendiri. Sehingga ketika ada kompetisi olahraga, maka aka nada pihak yang menang dan kalah.

Pada sekitar 3.000 tahun yang lalu, olahraga dilakukan untuk mendukung latihan bagi para prajurit yang akan bertempur di medan perang. Beberapa olahraga yang biasanya dilakukan adalah lempar lembing dan lempar cakram yang ternyata kedua cabang olahraga ini adalah adaptasi dari olahraga pada zaman dahulu kala. Dengan berjalannya waktu, olahraga ternyata mengalami perkembangan dan akhirnya lahirlah berbagai macam jenis olahraga. Hal ini bisa dibuktikan dari Monumen Pharaoh yang terletak di Mesir. Di sini di tunjukkan bahwa perkembangan olahraga pada cabang lari diwakilkan oleh Zoser yang mengikuti lomba lari ketika ada festival. Pada 776 Sebelum Masehi (SM) di Yunani Kuno, Olimpiade pertama diadakan dan ketika itu, yang hanya bisa mengikuti Olimpiade adalah laki-laki Yunani, khususnya yang sudah bebas dari perbudakan. Olimpiade modern pertama hadir ketika kepemimpinan Pierre de Coubertin pada tahun 1896.

Belakangan ini, olahraga tidak hanya bisa dilakukan di tempat gym saja, Anda pun bisa melakukannya di rumah. Mengingat beberapa tahun ini, wabah Covid-19 yang sedang melanda yang membuat semua aktivitas di luar ruangan dibatasi untuk mencegah penularan virus, salah satunya adalah olahraga di luar ruangan seperti di tempat gym. Sehingga, tren berolahraga di rumah cenderung mengalami kenaikan karena hal ini disiasati agar masyarakat bisa terus mempertahankan kesehatannya walaupun dari rumah saja. Ada beberapa barang-barang yang direkomendasikan untuk dimiliki di rumah, seperti :

  1. Resistance band
  2. Tali skipping
  3. Matras yoga
  4. Foam roller
  5. Dumbbell

Beberapa barang tersebut direkomendasikan untuk dimiliki di rumah karena tidak terlalu memakan tempat. Adapun rekomendasi lainnya yang harus Anda miliki di rumah untuk berolahraga adalah baju olahraga dan bukan menggunakan kaos. Kenapa? Dengan menggunakan pakaian olahraga, penelitian menemukan bahwa dengan menggunakan pakaian yang tepat, maka hasil dari Anda berolahraga pun akan maksimal. Sehingga, penggunaan baju olahraga pun menjadi penting ketika Anda ingin memulai berolahraga. Lalu, apa saja manfaat baju olahraga?

  1. Meningkatkan kepercayaan diri ketika berolahraga

Dengan menggunakan baju olahraga, maka seseorang akan merasa lebih “PD” karena adanya dampak positif ketika menggunakannya.

  1. Performa dalam berolahraga menjadi meningkat

Misalnya Anda senang melakukan futsal, namun jika Anda menggunakan sepatu lari ketika futsal maka hal ini tidak diperkenankan karena fungsi dari kedua sepatu ini berbeda. Sehingga, selain menimbulkan ketidaknyamanan, bisa jadi menimbulkan cidera. Sama halnya seperti penggunaan baju olahraga. Disarankan untuk menggunakan baju yang bisa meningkatkan performa Anda dalam berolahraga

  1. Pergerakan olahraga yang dinamis

Dengan pemilihan baju olahraga yang tepat, maka akan memudahkan Anda untuk bergerak dan bisa meningkatkan performa dalam berolahraga. Usahakan gunakan baju olahraga yang tidak terlalu longgar atau tidak terlalu sempit. Sehingga selain Anda bisa bergerak bebas, Anda juga bisa merasakan hasil dari olahraganya tersebut.

Wah, semoga dengan adanya artikel ini, Anda bisa semakin bersemangat berolahraga dari rumah. Anda bisa mulai mencari kebutuhan olahraga seperti peralatan olahraga yang sudah disebutkan di atas, hingga Baju Olahraga hanya di Blibli. Yuk, download sekarang!