Tarik Minat Bepergian Melalui Jalur Udara, Maskapai Gratiskan Rapid Test Antigen | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 15 April 2021
Diposting : 7 March 2021 19:33
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / RAPID TEST - Calon penumpang pesawat menjalani rapid test antigen sebelum melakukan perjalanan udara

balitribune.co.id | DenpasarGuna memudahkan dan menarik minat masyarakat Indonesia bepergian dengan moda transportasi udara, maskapai nasional di Tanah Air memberlakukan rapid test antigen secara gratis saat membeli tiket pesawat. Mengingat, hasil negatif uji cepat Covid-19 melalui rapid test antigen atau tes usap ini menjadi suatu syarat melakukan perjalanan udara rute domestik. 

Hal tersebut dianggap menambah biaya perjalanan yang membuat masyarakat mengurungkan niatnya bepergian keluar daerah. Sehingga maskapai pun berlomba-lomba memberikan kemudahan kepada calon penumpang agar tertarik bepergian dengan jalur udara. 

Salah satunya adalah maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia meluncurkan program layanan rapid test antigen gratis bagi seluruh penumpang rute domestik. Penyediaan layanan rapid antigen gratis tersebut dapat diperoleh calon penumpang yang melakukan transaksi pembelian tiket melalui channel penjualan tiket resmi Garuda Indonesia pada periode 2 Maret - 31 Maret 2021 dengan waktu perjalanan selama bulan Maret 2021 ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam siaran persnya yang diterima Bali Tribune, Jumat (5/3) mengungkapkan bahwa layanan rapid test antigen gratis tersebut merupakan nilai tambah layanan penerbangan bagi masyarakat yang akan melaksanakan penerbangan khususnya di masa pandemi ini.

“Tentunya kami harapkan, hadirnya layanan rapid test antigen gratis ini dapat semakin meningkatkan minat masyarakat untuk kembali terbang dengan berbagai kemudahan yang dihadirkan dalam memenuhi persyaratan dokumen perjalanan berupa surat keterangan bebas Covid-19," papar Irfan.

Selain itu, layanan gratis rapid antigen yang ditawarkan Garuda Indonesia ini dapat terintegrasi langsung dengan aplikasi E-HAC, sehingga penumpang bisa menikmati layanan yang terintegrasi mulai dari tes antigen sampai dengan proses check-in di bandara.

“Dukungan penyediaan layanan rapid test antigen gratis ini, tentunya sejalan dengan  pengalaman penerbangan yang aman dan nyaman melalui berbagai kemudahan aksesibilitas layanan penerbangan di era kenormalan baru. Selaras dengan upaya penerapan protokol kesehatan yang secara konsisten dijalankan di seluruh touch point layanan penerbangan Garuda Indonesia," jelasnya.

Adapun para pengguna jasa dapat memperoleh layanan rapid test antigen gratis setelah menyelesaikan proses transaksi tiket baik melalui website, mobile app, contact center, maupun agen perjalanan offline dan onlie resmi Garuda Indonesia. Dimana nantinya calon penumpang akan mendapatkan notifikasi email yang berisikan link klaim voucher free rapid test antigen sesuai data email yang terdaftar pade kode booking. 

Adapun pada tahap awal ini, Garuda Indonesia bekerja sama dengan 66 klinik penyedia layanan rapid test antigen yang tersebar di 33 kota besar di Indonesia. Hal yang sama juga dilakukan maskapai nasional lainnya di Tanah Air. Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menyampaikan Lion Air dan Batik Air memperluas layanan rapid test antigen Covid-19 gratis.

"70 rute di 14 kota tujuan domestik yaitu Jakarta CGK, Jakarta HLP, Medan, Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Palembang, Pangkalpinang, Banjarmasin, Balikpapan, Surabaya, Malang, Bali, Kupang," jelasnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler