Tradisi Ngandang Hingga Megibung Warga Muslim Karangasem Saat Ramadhan | Bali Tribune
Diposting : 4 April 2022 20:13
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune / MEDULANG - Trdisi Ngandang atau medulang yang dilaksanakan oleh warga di Kampung Muslim Karang Tebu, Karangasem

balitribune.co.id | Amlapura - Berbagai tradisi dilaksanakan masyarakat muslim di sejumlah kampung islam di Kabupaten Karangasem dalam menyambut masuknya bulan suci Ramadhan, diantaranya tradisi ngandang atau medulang dan ada pula tradisi megibung yang dilaksanakan warga pada buka puasa pertama di awal Ramadhan.

Tradisi Ngandang atau Medulang ini secara umum dilaksanakan oleh sejumlah kampung muslim di Karangasem, salah satunya dilaksanakan oleh warga di Kampung Muslim Karang Tebu, Karangasem. Tradisi Ngandang ini dilaksanakan menjelang masuknya Bulan Ramadhan tepatnya pada malam Shalat Tarawih pertama.

Sore harinya para ibu-ibu di kampung islam ini sudah memasak menu terbaik yang mereka bisa masak dan sajikan. Begitu selesai Shalat Magrin, ibu-ibu di kampung ini kemudian menyunggi dulang yang berisi makanan dan minuman lengkap dengan buah, menuju ke masjid.

Sebelum tradisi ngandang ini dilaksanakan, terlebih dahulu dilaksanakan Dzikiran dan Tahlilan serta doa untuk para arwah keluarga mereka yang telah mendahului mereka. Setelah itu baru dilaksakanan pembersihan yakni seluruh warga saling bersalaman, saling bermaaf-maafan satu dengan yang lainnya, yang dilanjutkan dengan makan bersama, meninkmati menu makanan dalam dulang yang mereka bawa dari rumah tersebut.

“Ini kita sebut sebagai malam bersihan, dimana kami meyakini arwah keluarga kami yang telah meninggal, akan pulang pada saat Bulan Ramadhan,” ungkap Fahrudin, salah satu tokoh masyarakat di Kampung Karang Tebu. Selain itu tradisi ini juga untuk menguatkan silaturahmi dan saling memaafkan sebelum menyambut dan melaksanakan ibadah puasa esok harinya.

Sementara itu, pada hari pertama berbuka puasa di Bulan Ramadhan, Minggu (3/4) warga muslim di Banjar Dinas Saren Jawa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Karangasem menggelar tradisi megibung di masjid. Oleh warga setempat, megibung sudah menjadi tradisi rutin yang dilaksanakan oleh warga saat berbuka di hari pertama puasa.

"Megibung memang sudah rutin dilaksanakan pada saat buka puasa dihari pertama, jadi sebelum melaksanakan solat magrib kita buka puasa megibung bersama warga,” ujar Made Hasan kepada awak media. Disebutkannya jelang waktu berbuka, setiap kepala keluarga membawa hidangan dari rumah mereka ke masjid. Dan begitu beduk berbuka puasa di tabuh, warga langsung berdoa untuk kemudian megibung bersama menikmati hidangan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler