Bersih-bersih di Pura Penataran Agung Nangka | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 19 Oktober 2021
Diposting : 4 October 2018 23:01
redaksi - Bali Tribune
BERSIH-BERSIH - Kodim 1623/Karangasem bersama masyarakat bersih-bersih di Pura PEnataran Agung Nangka, Bebandem.
BALI TRIBUNE - Kodim 1623/Karangasem melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan tempat ibadah dan penanaman pohon di Pura Menantaran Nangka, yang merupakan Linggih Ida Betara Gunung Agung, Rabu (3/10). 
 
Kegiatan karya bakti tersebut melibatkan sejumlah elemen masyarakat, Polsek Bebandem, pegawai di lingkungan Kantor Camat Bebandem, seluruh Kepala Desa di Bebandem, tokoh masyarakat, tokoh adat dan kelompok Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (Gertak PSN).
 
Kegiatan dipimpin langsung oleh Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf. Benny Rahardian. Ratusan peserta langsung bergerak membersihkan lingkungana kawasan Pura Penataran Agung Nangka dari berbagai macam sampah. Saat ini memang ribuan pemedek setiap harinya terus memadati pura yang berada di kaki Gunung Agung tersebut untuk melakukan persembahyangan dalam rangkaian upacara Ngaturang Bakti Penganyar.
 
Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf. Benny Rahadian menjelaskan karya bakti ini merupakan kegiatan lanjutan dalam rangka HUT TNI ke-73 tahun 2018 yang telah dilaksanakan Selasa (2/10), saat itu pihaknya menggelar kegiatan donor darah di Aula Makodim. Tujuan pelaksanaan kegiatan pembersihan tempat ibadah tersebut karena tempat ibadah merupakan tempat untuk membersihkan diri, sehingga lingkungannya harus bersih. 
 
Usai melaksanakan kegiatan bersih-bersih pihaknya bersama masyarakat melaksanakan penanaman sebagai simbul kecintaan terhadap alam. Disebutkannya kegiatan tersebut memang tidak ditentukan waktunya namun demikian pihaknya berharap bisa bermanfaat untuk masyarakat setempat.