BALI TRIBUNE - MESKIPUN merupakan produk kembar, kolaborasi ke-empat Toyota dan Daihatsu, penjualan Daihatsu Sigra lebih tinggi dibandingkan Toyota Calya. Konsumen lebih banyak memilih membeli ‘Respon yang Cepat’ (arti kata Sigra) ketimbang ‘Sempurna’ arti kata Calya.
Berdasarkan data penjualan yang diperoleh Bali Tribune hingga April total penjualan Daihatsu Sigra 336 unit, Market Share (MS)17%, jumlah ini lebih tinggi dari penjualan Toyota Calya yang hanya terjual sepanjang Januari – April 2017, 328 unit.
Koordinator Daihatsu Bali Tulus Pambudi mengungkapkan tingginya minat konsumen Bali untuk membeli Sigra lantaran lantaran harga dan desain yang keren.” Sigra memiliki desain yang stylis (fitur canggih) dengan mesin responsif bertenaga, ekonomis (irit bahan bakar), serta harga dan perawatan terjangkau,”kata Tulus.
Sementara Haris Prasetya kepala cabang Auto 2000 Tabanan menjelaskan penjualan Calya kurang begitu tinggi lantaran bersaing juga dengan produk Toyota Avanza. “Calya itu kan 7 seater mirip seperi Avanza.Jadi produk subtitutenya ada. Dari sisi DP imbang, jadi pelanggan terbagi Calya dan Avanza,” alasan Haris.
Toyota Calya akan dijual dengan 3 tipe yaitu E standar, E dan G, semuanya dibekali dengan mesin 3NR 1200cc 4 Silinder Dual VVT-i dengan pilihan transmisi manual dan automatic konvensional 4 percepatan ( hanya tipe E dan G ).
Sedangkan kembarannya, Daihatsu Sigra dijual dalam 4 tipe, yaitu D dan M yang dibekali dengan mesin 1KR 1000cc 3 Silinder Dual VVT-i yang hanya tersedia dalam transmisi Manual 5 percepatan dan tipe X dan R yang bermesin sama dengan Toyota Calya dan memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis.