Delapan Komunitas Offroad Bali ‘Ngayah’ Dukung Percepatan Pembangunan Pura Gumang | Bali Tribune
Diposting : 4 May 2021 07:19
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
Bali Tribune/ Turunan Curam bebatuan, VES bali
Balitribune.co.id | Denpasar - Indonesian Offroad   Federation (IOF) Pengda Bali  mendukung  penuh pembangunan  Pura  Bukit  Gumang  yang berlokasi  di Banjar  Celuk Kauh, Desa Bugbug  Kabupaten Karangasem  yang  rencananya  akan selesai pada Juni 2021.
 
Minggu (2/5)  delapan komunitas  IOF Bali di antaranya  Laksamana Offroad Team, Safari Jip Club (SJC) Bali, Vitara Escudo Sidekick (VES) Bali, Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn) Chapter Bali Selatan, SKIn chapter Bali, X-Unda Adventure, DCab Bali,  Volcano  mengadakan kerja bhakti (ngayah) ke Pura  Gumang.
 
Memanfatkan mesin berpenggerak  ganda  mereka  mengangkut  bahan material  pembangunan seperti pasir, koral  sejauh kurang lebih 600 meter melewati jalanan ekstrem tanjakan terjal dan turunan curam bebatuan  menuju puncak  Bukit  Gumang.
 
Material-material ini nantinya akan digunakan untuk  pembangunan gapura, tempat parkir termasuk  jalan untuk mempermudah pemedek yang bersembayang di pura  ini.
 
“Sebelumnya Sabtu kemarin ada empat komunitas offroad   mengadakan kegiatan  yang sama,” ungkap Boncel dan Ali Topan Penggurus IOF Bali.
 
Pura  Gumang Bugbug  menjadi bagian dari salah satu kahyangan jagat di Bali, dibangun saat kerajaan Sri Masula Masuli.Terletak diatas  bukit  Kawasan Pura Bukit Gumang, menjadi tempat menarik untuk rekreasi.
 
Menggunakan kas desa sebesar  kurang lebih Rp 2,5 juta  krama (warga) Desa Adat Bugbug menata ulang pembangunan Pura Gumang. Sejalan dengan tagline pembangunan “Bugbug Menyapa Wisatawan” harapannya  Pura  Gumang akan  menjadi destinasi   wisata baru, sekaligus melengkapi objek wisata lainnya yang ada di Desa Adat Bugbug, seperti  pantai Virgin Beach dan Bukit Asah Bali Camp.

Hukum & Kriminal

Terpopuler