Dorong Peningkatan Kunjungan Wisatawan dari Kawasan Asia Timur, Garuda Indonesia Layani Seoul-Bali | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 07 Februari 2023
Diposting : 5 December 2022 18:19
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / MENDARAT - wisatawan dari Korea Selatan yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai
balitribune.co.id | KutaGubernur Bali, Wayan Koster mengapresiasi Garuda Indonesia yang telah melakukan upaya membuka penerbangan dari Seoul (Korea Selatan) ke Bali yang dimulai Minggu, 4 Desember 2022. Mengaktifkan kembali penerbangan langsung dari Negeri Ginseng ke Pulau Dewata pasca-pandemi Covid-19 ini akan mempercepat upaya bersama pemulihan pariwisata Bali. Mengingat setelah lebih dari 2 tahun mengalami pandemi yang berdampak terhadap sektor ekonomi di pulau ini.
 
"Bali sebagai destinasi yang aman, nyaman dan kondusif untuk dikunjungi, tentunya merupakan bentuk kerja keras bersama termasuk dukungan dari Garuda Indonesia. Ini menjadi momentum bersama yang patut kita syukuri ditengah momentum pertumbuhan wisatawan yang terus menunjukan tren positif yang harus terus dioptimalkan, dengan turut memastikan konsistensi penerapan protokol kesehatan dan penanganan pandemi dapat terjaga dengan baik," ujar Koster disela-sela menyambut kedatangan wisatawan Korea Selatan di Terminal Kedatangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Minggu (4/12).
 
Sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasa pada penerbangan perdana ini, Garuda Indonesia juga bekerja sama dengan berbagai mitra pada pengoperasian rute tersebut. Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, pembukaan kembali rute penerbangan tersebut sebagai dukungan Garuda Indonesia terhadap pemulihan industri pariwisata nasional, khususnya Bali yang merupakan salah satu hub pariwisata strategis Indonesia.
 
“Selama lebih dari tiga dekade Garuda Indonesia telah menjembatani dan mendukung hubungan bilateral antar Korea dan Indonesia yang terus menunjukan peningkatan di segala aspek, baik ekonomi, budaya maupun pariwisata. Dibukanya penerbangan Seoul menuju Bali ini kami harapkan dapat memaksimalkan trafik kunjungan wisatawan mancanegara dari kawasan Asia Timur, khususnya Korea Selatan sebagai salah satu negara dengan potensi kunjungan wisatawan yang menjanjikan untuk Indonesia," ungkap Irfan.
 
Menurutnya, adanya penerbangan ini nantinya para wisatawan asal Korea Selatan dapat mengakses berbagai destinasi wisata di wilayah tengah dan timur Indonesia dari salah satu hub penerbangan yang dilayani Garuda Indonesia. Adapun penerbangan Seoul (Incheon) – Bali pergi pulang tersebut selanjutnya akan dioperasikan dua kali setiap minggunya yaitu pada hari Minggu dan Senin yang akan dilayani dari Bandara Interansional Incheon, Seoul dengan GA 871 dan akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Incheon pada pukul 11.35 LT dan dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 17.50 WIB. Sementara itu, penerbangan dari Bali menuju Incheon, Seoul akan dilayani dengan GA870 yang akan diberangkatkan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 01.25 WITA dan tiba di Incheon pada pukul 09.15 LT. 
 
“Beroperasinya layanan penerbangan internasional dari Seoul menuju Bali ini juga turut menjadi momentum penting dari upaya berkelanjutan perusahaan, untuk mengoptimalkan pasar penerbangan internasional dalam mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke berbagai destinasi wisata unggulan Indonesia. Seperti yang telah kami lakukan melalui pembukaan rute Narita - Denpasar, Melbourne - Jakarta, hingga dalam waktu dekat melalui pembukaan rute Melbourne - Bali,” tutup Irfan.