Hadiri Penyerahan Alsintan Kepada Kelompok Petani Di Subak Pedahanan Abiansemal, Wabup Suiasa Komitmen Kembangkan Sektor Pertanian | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 18 September 2021
Diposting : 28 June 2021 17:59
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune/Wabup Suiasa saat menghadiri penyerahan secara simbolis Alsintan oleh Anggota DPR RI Komisi IV I Made Urip di Subak Pedahanan Desa Jagapati Abiansemal, Senin (28/6).
balitribune.co.id | Mangupura - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa hadiri penyerahan secara simbolis Penyerahan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) oleh Anggota DPR RI Komisi IV I Made Urip, bertempat di Subak Pedahanan Desa Jagapati Kecamatan Abiansemal, Senin (28/6).
 
Acara Penyerahan Alsintan ini juga dirangkai dengan penanaman padi percontohan MSP (Mari Sejahterakan Petani), Lomba Traktor dan Penebaran bibit Ikan Nila di lingkungan Subak Pedahanan dalam rangka Bulan Bung Karno yang ke III. Turut hadir Ketua DPRD Badung Putu Parwata, anggota DPRD I Made Ponda Wirawan, Ni Luh Putu Sekarini, Ni Luh Kadek Suastiari, Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa dan Unsur Tripika, Perbekel Angantaka AA Ngurah Eka Surya, Perbekel Jagapati I Wayan Sutarga serta Krama Subak Pedahanan.
 
Wabup Suiasa mengatakan bahwa sektor pertanian dan pangan mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan masyarakat. “Terlebih di saat pandemi covid-19 saat ini, sektor pertanian sama pentingnya dengan sektor kesehatan karena kondisi kesehatan masyarakat yang prima harus didukung dengan pemenuhan kebutuhan yang cukup dan berimbang,” ujarnya.
 
Lebih lanjut Suiasa mengatakan lumpuhnya sektor pariwisata berdampak pula pada sektor lainya terutama sektor perekonomian dimana sebagian besar masyarakat kehilangan mata pencaharian dan akhirnya kembali ke sektor pertanian. Inilah yang harus diperhatikan dan Pemkab Badung berkomitmen untuk mengembangkan sektor pertanian dari hulu, tengah dan ilir. Hal ini dilaksanakan berbagai program kegiatan antara lain bantuan benih, subsidi pupuk, obat-obatan dan perbaikan saluran irigasi. Dan dalam kesempatan tersebut Wabup Suiasa menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada anggota DPR RI I Made Urip atas kepeduliannya kepada para petani di Bali dan Kabupaten Badung khususnya. “Saya berharap kerjasama serta kolaborasi seperti ini harus terus ditingkatkan agar sektor pertanian dapat semakin berkembang dan mampu menjadi tulang punggung bagi masyarakat tanpa harus tergantung dengan sektor pariwisata yang sangat rentan dengan berbagai isu dan persaingan global,” harap Suiasa.
 
Sementara itu Anggota DPR RI Komisi IV I Made Urip yang membidangi pertanian merasa senang dan bangga bisa bertemu dan bertatap muka dengan krama subak,dalam rangka penyerahan alsintan dan penanaman padi MSP. Pihaknya menyebutkan bahwa ini adalah program pimpinan pusat untuk menjaga dan menegakan kedaulatan pangan. “Kedaulautan pangan ini harus terus kita laksanakan apalagi sekarang kita laksanakan dalam Bulan Bung Karno  yang kita isi di bulan juni ini. Pihaknya mengatakan akan siap terus membantu, serta akan terus berkoordinasi dengan Kabupaten Badung untuk bersinergi, bekerjasama membantu petani yang ada di Bali dan di Badung khususnya,” ujarnya.
 
Sedangkan Ketua Panitia Acara I Nyoman Bagiana menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati I Ketut Suiasa dan anggota DPR RI I Made Urip karena telah banyak membantu dan memfasilitasi para petani dan nantinya bantuan seperti ini agar terus dilakukan untuk mengembangkan hasil pangan dan hasil produksi sehingga para petani bisa bertahan di suasana pandemi saat ini.
 
 

Hukum & Kriminal

Terpopuler