Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Masih Banyak Warga Abaikan Prokes | Bali Tribune
Diposting : 12 January 2021 21:03
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune / ABAIKAN PROKES - Kendati sosialisasi, edukasi hingga operasi penegakan selama ini gencar dilakukan, namun ditengah meningkatnya kasus covid-19 belakangan ini justru masih banyak masyarakat yang malah mengabaikan protokol kesehatan.

balitribune.co.id | NegaraKendati Jembrana kembali masuk wilayah zona merah dengan resiko penularan yang tinggi, namun hingga kini masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes). Terbukti selalu saja ada warga yang terjaring saat operasi penagakan protokol kesehatan yang digelar secara rutin.

Operasi penegakan protokol kesehatan terus digencarkan, terlebih ditengah terus bertambahnya angka kasus covid-19 di Jembrana belakangan ini. Namun justru hingga lebih dari sepuluh bulan mewabahnya covid-19, justru tidak sedikit masyarakat yang malah mengabaikan protokol kesehatan. Seperti penggunaan masker saat beraktifitas di luar rumah. Setiap pelaksanaan operasi penertiban, masih saja terjaring pelanggaran.

Seperti yang teranyar, operasi penegakan protokol kesehatan yang dilaksanakan Selasa (12/1). Operasi yang melibatkan personil gabungan Satpol PP, TNI dan Polri ini, kali ini menyasar jalur perdesaan. Ada dua titik yang menjadi lokasi pelaksanaan operasi yakni di Jalan Negara-Pengambengan dan Jalan Banyubiru-Cupel. Di dua ruas jalan jalur provinsi ini, petugas gabungan berhasil menjaring puluhan warga yang melanggar protokol kesehatan.

Pengguna jalan yang terjaring ini kedapatan tidak menggunakan masker secara benar hingga yang sama sekali tidak mengenakan masker. Kendati mengaku takut terpapar covid-19 namun warga yang terjaring ini berkilah lupa mengenakan masker saat keluar rumah. “Siapapun pasti takut kalau sampai kena covid-19, tapi tadi buru-buru jadi lupa pakai masker” ujar salah seorang pelanggar, Kusumawati kepada petugas yang melakukan penindakan.

Rupa pemakaian masker oleh warga yang melintas di jalur ini belum menjadi kebiasaan bahkan terabaikan walaupun angka kasus covid-19 akhir-akhir ini melonjak drastis. “Tadi benar-benar kelupaan, soalnya buru-buru keluar rumah. Kalau di rumah kan sama keluarga dan tetangga saja jadi gak pakai masker. Semoga aman tidak sampai kena covid-19” ungkap Lina, salah seorang pemotor yang terjaring tanpa mengenakan masker.

Dari operasi penegakan protokol kesehatan di dua lokasi ini, sebanyak 28 warga terjaring karena kedapatan tidak mengenakan masker.  Kepala Seksi Penyidikan Dan Penindakan Sat Pol PP Kabupaten Jembrana, I Nyoman Wiastana mengatakan puluhan pelanggara tersebut selain di data dan diberikan pembinaan ditempat serta diminta mengenakan masker, juga diminta membacakan pernyataan dengan keras sambil dikalungi tanda pelanggar prokes.

"Kami menyasar yang pertama lokasinya di Terusan berhasil menjaring 13 pelanggar yang tidak menggunakan masker dengan benar. Di lokasi yang kedua di Banyubiru kita menjaring 15 pelanggar sama tidak menggunakan masker dengan benar dan kita berikan pembinaan dan membuat pernyataan secara tertulis" ujarnya. Pihaknya mengaku menggelar operasi serupa secara ritin sehingga diharapkan bisa meningkatkan kepatuhan masyarakat.