Lika-liku 3 Caleg New Comer PDIP Badung Ungguli Petahana | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 15 April 2024
Diposting : 21 February 2024 20:25
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune / I Putu Dendy Astra Wijaya (kiri), I Gede Budiyoga (atas), I Made Rai Wirata.

balitribune.co.id | MangupuraSejumlah Caleg pendatang baru atau new comer dari PDIP berhasil menyalip Caleg petahana dalam Pemilu 14 Februari 2024 di Kabupaten Badung. Yang menarik, Caleg new comer ini sempat diremehkan kemampuannya hingga namanya sempat dicoret oleh partai dari Daftar Calon Sementara (DCS) anggota legislatif Badung.

Namun apa yang terjadi? Setelah masuk daftar calon tetap dan ikut tarung bebas pada 14 Februari 2024 lalu, mereka justru meraih suara fantastis. Raihan suaranya bahkan berhasil menyalip suara sejumlah Caleg senior dan petahana dari sesama partainya.

Adapun beberapa nama Caleg yang sempat hilang saat DCS dan kini diprediksi lolos dengan suara lumayan banyak adalah I Putu Dendy Astra Wijaya, I Gede Budiyoga dan I Made Rai Wirata. Ketiganya nyaris batal dicalonkan oleh partainya.

Seperti I Putu Dendy Astra Wijaya. Politisi PDIP usia 36 tahun asal Banjar Muluk Babi, Desa Sangeh ini maju di Dapil Abiansemal. Perolehan suara Dendy berdasarkan perhitungan di intern PDIP Badung cukup mengejutkan. Dia mengantongi suara sebesar 5.923, berada pada posisi ketiga di bawah senior yang juga icumbent Putu Yunita Oktarini dan I Made Ponda Wirawan. Ada 4 incumbent sesama PDIP yang berhasil dilampaui dalam perolehan suaranya.

Sebagai pendatang baru, Dendy mengaku tidak punya strategi khusus, hanya bermodal bergaul serta merangkul anak muda.

“Tidak ada acara simakrama resmi, kadang saya ajak nongkrong di sungai. Kita dengarkan apa keinginan mereka,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (20/2). 

Namun begitu dirinya mengaku sangat banyak mendapat arahan politik dari Ketua DPC, dalam mengambil hati masyarakat. “Pesan Pak Ketua (Giri Prasta) yang saya ingat adalah, jangan pernah membohongi masyarakat,” kata Dendy.

Selain Dendy, Caleg yang diawal tidak dipandang dan dicoret dari DCS adalah I Gede Budiyoga. Dia yang menanggalkan jabatan sebagai Perbekel Sedang untuk tarung dalam Pileg, memperoleh suara 5.265. Budiyoga berada di bawah Dendy, dan juga berhasil menyalip perolehan suara sejumlah incumbent.

New comer yang memperoleh suara banyak juga terjadi di Dapil Mengwi. I Made Rai Wirata yang juga sempat dicoret dari DCS memperoleh suara sebanyak 7.591 di atas incumbent.