Seleksi “Karya Inovasi 2017” | Bali Tribune
Diposting : 27 July 2017 22:04
Arief Wibisono - Bali Tribune
Christiana Samekta
Christiana Samekta

BALI TRIBUNE - Mendorong pegawai dalam memberikan kontribusi pada perusahaan, PT PLN kembali menggelar seleksi “Penghargaan Karya Inovasi XX Regional ISI (luar Jawa, Bali). Tujuan kegiatan ini agar PLN tetap maju dan eksis dalam menghadapi perubahan yang terus bergerak. "Dengan adanya karya inovasi dari pegawai, paling tidak biaya produksi bisa ditekan dalam  menciptakan efisiensi," ujar Christiana Samekta, Manajer Penelitian Sistem Transmisi dan Distribusi Puslitbang PLN Regional-II disela acar tersebut di Aston, Denpasar, Rabu (26/7). 

Turut dilibatkan semua bidang di PLN dan yang paling penting dari inovasi ini adalah bagaimana memanajemen resiko yang timbul dan dalam berinovasi ada klausal perhitungan finansial. "Inovasi harus berdampak pada finansial dalam upaya meningkatkan efisiensi perusahaan juga manfaat lingkungan, disamping hasil implementasi knowledge management pada setiap unit dan anak perusahaan yang terbaik," katanya. 

Diharapkan, ada inovasi spektakuler yang bisa dikontribusikan pada bidang ketenagalistrikan. "Jadi dalam karya inovasi ini yang terpenting sebenarnya bagaimana bisa mendorong pegawai berkontribusi melalui karya yang dihasilkan dalam menciptakan efisiensi,” jelasnya. sembari menambahkan, inovasi yang diterima bisa diproduksi massal, pengembangan dalam bentuk prototipe yang dipatenkan dan adanya standarisasi.

Tercatat setiap tahunnya jumlah peserta menunjukkan peningkatan, dimana pada tahun 2014 PLN menghasilkan 2.322 karya inovasi dari para pegawai PLN. “Hal ini menunjukkan bahwa para pegawai sangat antusias dan termotivasi untuk berperan serta dalam memperbaiki kinerja perusahaan dengan terus berinovasi," katanya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler