Sistem Reservasi Online Buatan Lokal Dorong Pemesanan Langsung ke Website Hotel | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 29 Maret 2024
Diposting : 29 January 2020 17:24
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune/MENJELASKAN - Pengembang aplikasi reservasi hotel saat menjelaskan kepada awak media terkait meningkatnya pemesanan kamar ke website hotel

balitribune.co.id | Denpasar  - Permintaan sistem reservasi hotel online, ke depan diperkirakan akan semakin meningkat seiring kemajuan perkembangan kepariwisataan. Pasalnya, aplikasi penyedia sistem reservasi hotel online buatan anak lokal Bali ini sejak 2 tahun lalu telah digunakan oleh ratusan hotel di Bali dan beberapa daerah di Indonesia. 

"Berawal dari 2 user (hotel) tapi sekarang sudah ada 150 user atau hotel yang menggunakan sistem reservasi online  dari Omni Hotelier yakni hotel-hotel di Bali dan luar Bali seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Lombok," ungkap CEO Omni Hotelier, Dewa Ketut Lipur kepada awak media di Denpasar, Senin (27/1).

Sistem tersebut dikatakannya mulai diminati oleh para pelaku hotel untuk menjangkau wisatawan dari seluruh dunia atau sesuai target market. Misalnya, jika salah satu hotel yang berada di kawasan Kuta, Badung ingin menarik pasar Timur Tengah maka akan terhubung dengan market di sana. Sehingga, secara otomatis calon wisatawan dari Timur Tengah akan melakukan reservasi secara langsung yang terhubung dengan website hotel bersangkutan. 

Kata dia, dari tahun 2008 ke atas peningkatan reservasi online sangat luar biasa. "Maka kita berpikir untuk mengembangkan ini mulai 2016, 2018 sistem sudah kita jalankan sekarang (2020) baru dilaunching," terangnya. 

Hal ini disampaikan Lipur untuk mendukung bisnis hospitality di Bali. Sistem reservasi online tersebut memiliki beberapa kelebihan dari online travel agent (OTA). Pasalnya calon wisatawan selain dapat memesan kamar hotel via website hotel bersangkutan juga bisa melakukan pemesanan paket-paket tur, transportasi, makan malam, atraksi wisata maupun spa dan paket lainnya.

"Online reservation system ini agar wisatawan bisa melakukan reservasi langsung ke website hotel layaknya melakukan booking di OTA," katanya.

Semetara itu Co.Founder Omni Hotelier, Dewa Wahyu mengatakan, sistem reservasi online tersebut sekarang ini sangat membantu memudahkan calon wisatawan dalam memesan kebutuhan wisata. "Kalau dulu orang booking lewat telepon, fax dan email. Dengan adanya online reservation system secara otomatis calon wisatawan dapat langsung terhubung ke website hotel untuk melakukan pemesanan kamar dan paket-paket promo lainnya yang ditawarkan hotel," jelasnya. 

Aplikasi sistem reservasi hotel online ini murni buatan sumber daya manusia lokal Bali. "Omni Hotelier menggunakan talent-talent dari Bali. Itu kebanggaan dari kita untuk bersaing di kanca internasional. Talent-talent lokal bisa berkontribusi terhadap perekonomian Bali" imbuhnya.  

Disampaikan Wahyu, hotel-hotel yang telah menggunakan aplikasi ini tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali. Seluruh paket-paket promo yang ditawarkan hotel akan dapat dilihat dan langsung dipesan oleh calon wisatawan sebelum datang ke pulau ini. "Permintaan untuk pakai sistem kita sudah tinggi. Properti akan bertambah terus. Sebab hotel-hotel sudah merasakan adanya peningkatkan pemesanan langsung melalui website-nya. Saat ini properti yang ada di Omni Hotelier mulai dari kelas melati hingga berbintang dan villa juga resort dengan membayar flat fee mulai Rp 500 ribu sebulan" bebernya.