Target Menang 90 Persen, Warga Dalung All Out Dukung Koster Giri dan Adicipta | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 21 Oktober 2024
Diposting : 21 October 2024 10:54
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune / SIMAKRAMA - Bupati Badung I Wayan Adi Arnawa dan Bagus Alit Sucipta (Adicipta) menghadiri tatap muka / simakrama dengan masyarakat Desa Dalung di Wantilan Widya Utama Mandala Desa Dalung Kecamatan Kuta Utara, Minggu (20/10).

balitribune.co.id | Mangupura - Pasangan Calon (Paslon) Bupati Badung I Wayan Adi Arnawa dan Bagus Alit Sucipta (Adicipta) menghadiri tatap muka / simakrama dengan masyarakat Desa Dalung di Wantilan Widya Utama Mandala Desa Dalung Kecamatan Kuta Utara, Minggu (20/10).

Kehadiran paslon Adicipta disambut meriah warga Desa Dalung diiringi yel-yel Koster Giri, Bangkit, Jaya, Menang dan yel-yel Adicipta, Bangkit, Jaya, Menang menuju Wantilan Widya Utama Mandala Desa Dalung Kecamatan Kuta Utara.

Hadir dalam simakrama tersebut Ketua Tim Pemenangan Adi Cipta Kabupaten Badung I Gusti Anom Gumanti, I Putu Parwata, I Wayan Sandra, Yayuk Agustin Lessy, I Made Suryananda Pramana dan ribuan warga Dalung. 

Tokoh masyarakat Desa Dalung I Nyoman Widana mengatakan, kegiatan ini merupakan sosialisasi program paslon Adicipta kepada masyarakat Desa Dalung. Masyarakat Dalung merasa bahagia karena paslon kesayangannya bisa hadir di Wantilan Widya Utama Mandala ini. 

"Kami warga Dalung lan warga Perumahaan sampun jatuh hati memillih lan mendukung Koster Giri dan Adicipta," kata Nyoman Widana. 

Adapun alasan memilih Adicipta adalah, terdapat 2 figur yang memiliki kemampuan yang sudah teruji. Karena meniti karya dari bawah. "Bapak adi Arnawa pernah jadi Camat Kuta Utara dan yang sudah dekat sekali dengan masyarakat. Sehingga Pak Adi ini tidak asing lagi bagi kami," ujarnya. 

Untuk calon Wakil Bupati Bagus Alit Sucipta pernah berpengalaman di legislatif. "Khusus untuk kita di Dalung, Ajik GB niki wantah warga kita. Kalau sudah jadi wakil Bupati kan nampek drike nunas," pungkasnya. 

Calon Bupati Badung I Wayan Adi Arnawa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada warga Dalung yang sudah berkumpul di Wantilan Widya Utama Mandala untuk memenangkan pasangan Koster Giri dan Adicipta. 

"Yen kadi sapuniki semangat masyarakat ne, astungkara benjang Pak Adi sareng Pak Bagus Alit Sucipta dados Bupati dan Wakil Bupati, bantuan ke Desa Adat Dalung pasti semakin hari semakin nambah," ucap Adi Arnawa disambut meriah warga Dalung. 

Ia pun meminta kepada warga Dalung, pada 27 November 2024 untuk mencoblos Koster Giri dan Adicipta. Jika sudah terpilih nantinya, tugas berat nantinya adalah bagaimana menjaga pariwisata. Pasalnya, pariwisata ini merupakan salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi di Bali dan Badung, sehingga kita harus jaga. 

"Tiyang akan mencoba mengurai kemacetan Dalung ini, dengan cara membangun shortcut disebelah utara Pusat Pemerintahan menuju Abianbase. Sehingga benjang yen wenten semeton irage saking Dalung, saking Prerenan lan saking Tabanan jagi ke Denpasar ten perlu harus ke Dalung, lewat shortcut Abianbase menuju Pusat Pemerintahan sudah bisa masuk. Karena saya ingin nanti, jalan kemacetan yang ada di Lukluk itu kita akan coba cegah orang dari Sempidi mau ke Kapal tidak perlu langsung ke Lukluk, dia harus ke kiri ke shorcut, yang dari Kapal langsung meluncur ke Sempidi sehingga satu arah, sehingga ini akan mencoba meminimize kemacetan," ujarnya. 

Setelah infrastruktur berjalan baik, maka kedepannya akan dibangun indek manusianya. Seperti ibu-ibu PKK akan dibagikan baju kebaya agar terlihat cantik. Kemudian, juga mempersiapkan generasi yang bener-bener menjadi tuan rumah untuk kepentingan Pariwisata di Badung. Sehingga pemerintahan Kabupaten dibawah pasangan Adicipta akan memberikan bimbingan les/belajar grastis untuk seluruh anak-anak Badung ini. 

"Sehingga tiyang berharap nanti, yen mangkin niki Pak Giri Prasta mecikang Bale Banjar, nanging kedepannya niki titiyang akan memfungsikan bale banjar becik niki mangda positif. Bila nanti tiyang terpilih salah satu program yang tiyang sampaikan tadi memberikan bimbingan belajar nike, gratisnya nike tempatnya di Bale Banjar. Tiyang akan datangkan guru les dan dia disiapkan di Banjar dan semuanya itu dibayar oleh pemerintah. Anak anak tinggal datang gratis," bebernya. 

Tidak hanya itu, bagi anak-anak yang sudah tamat SMA akan diinventarisir, berapa angka pengangguran di Badung ini. Dan berapa potensi yang bisa digarap dari pengangguran ini. "Nah dari sanalah nanti kita akan punya prorgam lanjutan malih. Setelah anak anak SMA tidak ada yang bekerja, maka akan diarahkan masuk ke bale latihan kerja dan itu juga dibayar oleh Pemerintah. 

"Yang kita harapkan nanti mampu memfasilitasi anak anak irage itu, apakah bekerja di Bali atau bekerja di luar negeri. Ini yang kita siapkan, dengan syarat dia bisa berbahasa Inggris atau bahasa Internasional lainnya," ujarnya. 

Kemudian, setiap hari raya besar, khususnya hari Raya Hindu untuk harga pokok pasti naik. Disaat naik itulah masyarakat merasa berat saat melakukan transaksi. Sehingga, dalam rangka pengendalian inflansi daerah dan juga mendorong daya beli masyarakat dalam suatu daerah. Maka disaat hari-hari besar itu, pemerintah melakukan intervensi dengan memberikan 2 juta rupiah berbasis Kepala Keluarga (KK) untuk persiapan hari raya besar. 

"Untuk semeton muslim, setiap merayakan hari raya Idul Fitri akan kita bantu 2 juta per KK. Termasuk semeton semeton titiyang yang nasrani, setiap hari Natal juga dibantu 2 juta per KK, kemudian yang merayakan imlek sama seperti itu juga kita lakukan. Itu adalah bagian dari pada kita untuk mendorong menumbuhkan daya beli masyarakat di Badung ini," ucapnya. 

Dirinya juga menyampaikan, dalam program Adicipta tidak memunculkan dana Hibah. Karena dana hibah itu sudah masuk dalam struktur belanja APBD.

"Karena kebutuhan setiap Banjar itu berbeda. Yen mangkin banjar iriki ring sejebag Desa Adat Dalung jagi ngajuan proposal membutuhkan dana 3 Milyar, kan tidak cukup 1 Milyar. Oleh karena itulah hibah niki sangat flexibel dan tergantung sutuasi dan kondisi," pungkasnya. 

Calon Wakil Bupati Badung I Bagus Alit Sucipta dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Desa Dalung yang sudah hadir untuk berkumpul di Wantilan Widya Utama Mandala Desa Dalung. Dengan melihat berkumpulnya masyarakat Dalung saat ini, astungkara pasangan Koster Giri dan Adicipta bisa menang 90 persen di Desa Dalung. 

"Mangde 90 persen ring jagad Dalung niki. Pasti kal sampun Dalung prioritas kami niki nggih," ucap Alit Sucipta. 

Untuk program bantuan sosial, khusunya bantuan sosial untuk Lansia. Astungkara jika Adivipta terpilih, bantuan sosial untuk lansia akan dilanjutkan kembali dengan bantuan 1 juta rupiah setiap bulan. Selain itu, yang memiliki keluarga disabilitas, pasangan Adicipta berkomitmen akan memberikan bantuan setiap bulan sebesar 1 juta rupiah. 

"Yang terakhir, bagaimana dengan santunan kematian. Astungkara kami berkomitmen, untuk santunan kematian ring Kabupaten Badung puniki, kami terpilih kami akan lanjutkan kembali niki  santunan kematian. Tapi dengan nomenklatur dan nama yang berbeda, santunan kematian ini tidak ada regulasinya. Sehingga diformulasikan bisa masuk di regulasi, nah bantuan ini bernama reward atau penghargaan terhadap masyarakat yang taat administrasi kependudukan. Dengan melaporkan ke dinas catatan sipil atau lewat Kelian Banjar Dinas. Nanti akan mendapatkan akta kematian setelah itu mendapatkan dana dengan jumlah 10 juta rupiah," ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, dirinya pun berkomitmen kepada ibu-ibu PKK. Bila Koster Giri dan Adicipta ngemolihan Jayanti di Desa Dalung. "Ibu ibu sami, kebaya dan kamen gratis niki nggih," imbuhnya. 

Ketua Tim Pemenangan Adi Cipta Kabupaten Badung I Gusti Anom Gumanti dalam sambutannya mengatakan, kita harus memilih pasangan Adicipta dan Koster Giri. Pasalnya, Koster Giri ini merupakan salah satu putra terbaik kita adalah I Nyoman Giri Prasta. 

"Jika beliau mampu nanti menjadi Wakil Gubernur satu periode atau 5 tahun atas dukungan kita dan atas pilihan kita, maka kita menjamin masa depannya untuk menjadi Gubernur 2 periode lagi, artinya 15 tahun," kata Anom Gumanti. 

Sebagai ketua tim pemenangan, dirinya pun memuji kekompakan Desa Dalung yang sangat luar biasa ini. Seperti apa yang disampaikan oleh I Nyoman Giri Prasta, bila kita sudah bersatu maka setengah perjuangan kita sudah sampai. Sehingga, tinggal setengah lagi yaitu pada 27 November 2024 untuk memilih dan mencoblos Koster Giri dan Adicipta. 

"Selanjutnya, Fraksi PDI Perjuangan mangkin di Badung nike ada 30 jumlahnya. Jadi, apa hubungannya dengan paslon puniki. Ketika sudah jadi Bupati dan Wakil Bupati, sehebat apapun paslon ini menelorkan programnya, merealisaikan programnya ke masyarakat, masih harus mendapat persetujuan DPRD. Nah sedangkan ruang Pak Adi sareng Tu Gus Bota niki sampun 30, jumlah DPRD 45 sisanya cuman 15. Artine anu len kel sing ngidang ngorang ape. Yen ampun program niki (Adicipta), mejalan wii, menyala wii. Ikan lele ikan mujair, tidak bertele tele pokokne cair bro," jelasnya.