Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Branding Bali Sesuaikan “Market Share”

AA Adhi Ardhana dan Ni Wayan Giri Adnyani

Denpasar, Bali Tribune

Berbagai upaya dilakukan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia untuk mendatangkan lebih banyak turis asing ke Tanah Air dan Bali khususnya. Upaya tersebut salah satunya adalah dengan melakukan promosi pariwisata di luar negeri. Untuk menarik minat turis asing berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia dalam melakukan promosi, Kemenpar juga akan memperkuat branding destinasi unggulan yang ada di Nusantara. Demikian disampaikan Sekretaris Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani.

Kepada awak media di Denpasar, dia menyatakan dalam hal pemasaran atau promosi ada 10 destinasi di Indonesia yang akan di branding. “Itu adalah memang destinasi yang sudah siap. Seperti salah satunya Bali, Jakarta, Batam merupakan pintu masak utama pariwisata kita kemudian Makassar, Medan, Bunaken, Wakatobi, Raja Ampat dan beberapa destinasi lainnya,” sebut Giri. Menurutnya, branding 10 destinasi wisata tersebut akan dilakukan tahun ini.

Dikatakan Giri sekarang ini masih dalam proses sosialisasi dari masing-masing destinasi terkait branding apa yang akan diperkuat. Nantinya branding yang telah disepakati akan dipromosikan oleh Kemenpar di luar negeri. “Apa branding yang akan diperkuat sehingga nanti bisa dipasarkan promosinya. Brandingnya belum ditetapkan masih dibahas dan didiskusikan sama stakeholder tapi nanti akan keluar cuma akan tetap mengikut Wonderful Indonesia karena sudah dikenal di luar,” ucap Giri.

Pihaknya menyebut Kemenpar mengucurkan dana secara akumulatif senilai Rp 1,7 triliun untuk komunikasi pemasaran termasuk strategi branding, advertising dan selling. “Dana tersebut akumulatif termasuk juga untuk branding nasional tetap kita gencarkan plus 10 branding destinasi,” terangnya. Branding adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka membangun, memperbesar dan memperkuat brand (merk) dengan menanamkan brand image tertentu di benak hati konsumen yang mudah diingat. Branding dapat berupa apa saja, sebagai contoh promosi dengan cara kreatif, dengan desain promosi yang menarik.

Sementara itu terkait branding yang direncanakan Kemenpar untuk Bali yang merupakan salah satu destinasi wisata dunia, Komisi II DPRD Bali bidang pariwisata, A.A. Adhi Ardhana ketika dihubungi Selasa (5/4) mengatakan branding ini memang sangat diperlukan untuk memperkuat promosi Bali sebagai tujuan wisata. Namun menurutnya dalam branding ini harus disesuaikan dengan market yang telah ada dan tidak terlepas dari pariwisata budaya. Sebab dikatakannya selama ini turis asing datang ke Bali karena ketertarikan akan budaya Bali. “Memang perlu branding ini. Branding ini memperkuat nama Bali hanya saja di pusat berpandangan sama. Jadi market share (pangsa pasar-red) ini tetap kita jaga,” tegasnya.

wartawan
Ayu Eka Agustini

Pembinaan Konsulat Asing di Bali, Sinergi Pemerintah dan Polda Bali Menjaga Kamtibmas

balitribune.co.id | Denpasar - Dalam upaya memperkuat koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Bali, Kepolisian Daerah Bali, dan perwakilan konsulat negara-negara sahabat, digelar kegiatan “Pembinaan Komunitas Konsulat Asing” di Gedung Presisi Polda Bali, Jumat (31/10) pagi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Telkomsel melalui NextDev Tahun ke-11 Fokus Cetak Technopreneurs Unggul melalui Kurikulum Inovasi Berbasis AI

balitribune.co.id | Denpasar – Telkomsel gelar NextDev Tahun ke-11, program impact incubator yang sejak 2015 menjadi inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan untuk memberdayakan technopreneurs tahap awal di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click

Bupati Satria Pimpin Aksi Bersih-bersih di Wisata Tukad Jinah Tubing Manduang

balitribune.co.id | Semarapura - Bupati Klungkung, I Made Satria didampingi Wakil Bupati Klungkung, Tjokorda Gde Surya Putra, Ketua PSBS sekaligus Ketua TPPKK Klungkung, Ny.Eva Satria, Sekrataris I TPPKK Klungkung, Ny. Kusuma Surya Putra melakukan Aksi Bersih-bersih di Wisata Tukad Jinah Tubing, Desa Manduang, Kecamatan Klungkung, Jumat (31/10). 

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Sinergi GWK dan Pemerintah Bali, Akses Jalan Terbuka, Budaya Terjaga

balitribune.co.id | Mangupura - Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park kembali menunjukkan komitmennya untuk berkontribusi nyata bagi masyarakat Bali. Melalui penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) antara Pemerintah Kabupaten Badung dan manajemen GWK, polemik panjang terkait akses jalan warga Banjar Giri Dharma, Desa Ungasan, akhirnya mencapai titik terang.

Baca Selengkapnya icon click

Pansus TRAP Bongkar Proyek Bermasalah di Nusa Penida, Dari Lift Kaca hingga Bungee Jumping

balitribune.co.id | Nusa Penida - Proyek ambisius pembangunan lift kaca setinggi 180 meter di tebing ikonik Pantai Kelingking, Nusa Penida, resmi dihentikan sementara. Langkah tegas itu diambil usai Panitia Khusus Tata Ruang, Aset, dan Perizinan (Pansus TRAP) DPRD Provinsi Bali menggelar inspeksi mendadak (sidak) di lokasi proyek, Jumat (31/10).

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.