Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Branding Bali Sesuaikan “Market Share”

AA Adhi Ardhana dan Ni Wayan Giri Adnyani

Denpasar, Bali Tribune

Berbagai upaya dilakukan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia untuk mendatangkan lebih banyak turis asing ke Tanah Air dan Bali khususnya. Upaya tersebut salah satunya adalah dengan melakukan promosi pariwisata di luar negeri. Untuk menarik minat turis asing berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia dalam melakukan promosi, Kemenpar juga akan memperkuat branding destinasi unggulan yang ada di Nusantara. Demikian disampaikan Sekretaris Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani.

Kepada awak media di Denpasar, dia menyatakan dalam hal pemasaran atau promosi ada 10 destinasi di Indonesia yang akan di branding. “Itu adalah memang destinasi yang sudah siap. Seperti salah satunya Bali, Jakarta, Batam merupakan pintu masak utama pariwisata kita kemudian Makassar, Medan, Bunaken, Wakatobi, Raja Ampat dan beberapa destinasi lainnya,” sebut Giri. Menurutnya, branding 10 destinasi wisata tersebut akan dilakukan tahun ini.

Dikatakan Giri sekarang ini masih dalam proses sosialisasi dari masing-masing destinasi terkait branding apa yang akan diperkuat. Nantinya branding yang telah disepakati akan dipromosikan oleh Kemenpar di luar negeri. “Apa branding yang akan diperkuat sehingga nanti bisa dipasarkan promosinya. Brandingnya belum ditetapkan masih dibahas dan didiskusikan sama stakeholder tapi nanti akan keluar cuma akan tetap mengikut Wonderful Indonesia karena sudah dikenal di luar,” ucap Giri.

Pihaknya menyebut Kemenpar mengucurkan dana secara akumulatif senilai Rp 1,7 triliun untuk komunikasi pemasaran termasuk strategi branding, advertising dan selling. “Dana tersebut akumulatif termasuk juga untuk branding nasional tetap kita gencarkan plus 10 branding destinasi,” terangnya. Branding adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka membangun, memperbesar dan memperkuat brand (merk) dengan menanamkan brand image tertentu di benak hati konsumen yang mudah diingat. Branding dapat berupa apa saja, sebagai contoh promosi dengan cara kreatif, dengan desain promosi yang menarik.

Sementara itu terkait branding yang direncanakan Kemenpar untuk Bali yang merupakan salah satu destinasi wisata dunia, Komisi II DPRD Bali bidang pariwisata, A.A. Adhi Ardhana ketika dihubungi Selasa (5/4) mengatakan branding ini memang sangat diperlukan untuk memperkuat promosi Bali sebagai tujuan wisata. Namun menurutnya dalam branding ini harus disesuaikan dengan market yang telah ada dan tidak terlepas dari pariwisata budaya. Sebab dikatakannya selama ini turis asing datang ke Bali karena ketertarikan akan budaya Bali. “Memang perlu branding ini. Branding ini memperkuat nama Bali hanya saja di pusat berpandangan sama. Jadi market share (pangsa pasar-red) ini tetap kita jaga,” tegasnya.

wartawan
Ayu Eka Agustini

BRI Peduli Salurkan Bantuan TJSL “Ini Sekolahku” 2025 dan Beasiswa Pelajar 2025 untuk Siswa SDN 1 Belimbing Tabanan

balitribune.co.id | Tabanan - Sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan dan komitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia, BRI melalui Program BRI Peduli TJSL “Ini Sekolahku” 2025 kembali memberikan dukungan fasilitas pendidikan kepada SDN 1 Belimbing, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Senin (24/11).

Baca Selengkapnya icon click

Kembali Melesat Kencang di Buriram, Pebalap Astra Honda Raih Posisi Tiga Besar Klasemen TTC 2025

balitribune.co.id | Jakarta – Pebalap binaan Astra Honda yang bersaing di Idemitsu Honda Thailand Talent Cup (TTC), Bintang Pranata Sukma meraih podium kedua pada race kedua. Hal ini sekaligus membuatnya mengunci posisi ketiga TTC musim balap 2025.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Cegah Penipuan Digital, Danamon Himbau Masyarakat Bijak Bermedia Sosial

balitribune.co.id | Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) sebagai bank yang berorientasi pada nasabah dan sebagai penyedia solusi finansial terpercaya menyadari penggunaan media sosial yang tidak bijaksana dapat membuka celah terjadinya tindak kejahatan siber.

Baca Selengkapnya icon click

Jadi Pioner, QJ Riders Chapter Bali Diresmikan

balitribune.co.id | Gianyar - Pemilik QJ MOTOR wilayah Bali mendeklarasikan wadah komunitas QJ Riders Chapter  Bali  pada Sabtu (22/11/2025) di Muwa Little Garden, Ubud. Terbentuknya chapter ini menunjukkan bahwa pengguna QJMOTOR di Bali terus berkembang, sekaligus menjadi simbol loyalitas mereka terhadap merek yang selama ini dikenal dengan karakter uniknya.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Veda dan Ramadhipa Siap Tutup Musim 2025 dengan Hasil Gemilang di Valencia

balitribune.co.id | Jakarta – Dua pebalap muda Astra Honda Racing Team (AHRT), Veda Ega Pratama dan Muhammad Kiandra Ramadhipa siap menutup musim 2025 dengan hasil gemilang di putaran terakhir JuniorGP dan European Talent Cup (ETC) yang akan digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 22-23 November.

Baca Selengkapnya icon click

Proyek Lift Kaca Dihentikan, Warga Desa Adat Kecewa

balitribune.co.id | Semarapura - Warga Desa Adat Dwi Kukuh Lestari, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung kecewa dengan dihentikannya proyek lift kaca oleh Gubernur Wayan Koster. Penghentian itu juga sebagai pukulan bagi warga adat karena proyek tersebut awalnya disebut-sebut menjadi salah satu inovasi akses wisata di kawasan Pantai Kelingking.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.